Mohon tunggu...
Pipin ariska
Pipin ariska Mohon Tunggu... pendidikan islam anak usia dini iain jember

IAIN JEMBER pendidikan islam anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Analisis Ilmu Oengetahuan dalam Filsafat Ilmu

3 Desember 2019   22:47 Diperbarui: 3 Desember 2019   22:44 0 0 0 Mohon Tunggu...

A.penjelasan mengenai ilmu pengetahuan nah disini saya akan menjelaskan apakah itu ilmu pengetahuan.ilmu pengetahuan merupakan usaha sadarnya untuk menyelidiki menemukan dan juga meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam kehidupan manusia.ilmu memberikan kepastian lingkup ilmu-ilmu yang diperoleh dari keterbatasannya.ilmu pengetahuan adalah produk istimilogobik. Macam-macam ilmu pengetahuan nah berdasarkan dari sumber filsafat.ilmu filsafat dapat dikelompokkan menjadi 3 antara lain:

1. Naturalisain atau ilmu alam.ilmu alamia bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat pada alam semesta untuk mengkaji hal itu digunakan dengan metode ilmiah.

2.sosialsains itu merupakan ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keterangan-keterangan yang terdapat dalam hubungan antara manusia

3.humanitis atau ilmu-ilmu budaya bentuk untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi dan membahas mengenai pengetahuan dasar atau pengertian umum mengenai konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

B.hubungan dan macam-macam ilmu pengetahuan 

Ilmu pengetahuan alam meliputi ilmu fisika ,kimia,astrologi dan biologi nah kemudian ilmu kemudian ilmu alam ini mempelajari gejala-gejala yang terjadi didalam dan dihubunganya dalam ilmu sosial adalah ilmu ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dilingkungan sosialnya dan objek dari ilmu sosial.menurut Sukamto bahwa kerangka pemikiran sosiologi didasarkan pada konsep dibawah konsep pergaulan hidup masyarakat.

C.Ciri-ciri ilmu pengetahuan dan sepektif

Nah ciri-ciri ilmu pengetahuan ada lima diantaranya:

1. Empiris, 

empiris merupakan pengetahuan diperoleh melalui pengetahuan dan percobaan

2.sistematis,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN