Mohon tunggu...
Pinasty
Pinasty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi (21107030022) Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Menjadi Diri Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ketahui Sisi Negatif "Self Reward" Yuk!

11 Mei 2022   07:24 Diperbarui: 11 Mei 2022   07:56 393 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Saat ini banyak orang yang mulai menyadari akan pentingnya self reward bagi diri sendiri, terlebih bukan hanya ucapan selamat melainkan dapat membeli barang sesuatu yang diinginkan karena telah berhasil mencapai atau menyelesaikan suatu pekerjaan dan mencapai suatu goal impian. 

Perlu diketahui banyak cara dalam menghargai diri sendiri dan self rewardlah yang paling tepat dalam membuat diri pribadi merasa puas dan bahagia. Namun perlu dicatat bahwa dalam memberikan penghargaan kepada diri sendiri juga perlu batasan perhitungan, jangan sampai self reward yang kamu lakukan justru membuat kamu sedih, tidak puas dan berakibat buruk bagi hidupmu. Dikutip dari laman yoursay.id terdapat beberapa kesalahan dalam melakukan self reward, antara lain:


Pertama, dalam memberi hadiah pada diri sendiri, karena begitu besar keinginannya dan tanpa memperhitungkan uang yang dimiliki akhirnya berhutang untuk membeli sebuah barang atau makanan. Terlebih self reward yang diingi kan dan dibeli memilih barang yang mahal. 

Hal tersebut rela dilakukan guna untuk mengapresiasi diri sendiri dan itu tidak masalah. Namun, juga harus dapat memperhitungkan kemampuanmu dan memikirkan kembali sesuatu apa yang layak dan bermanfaat untuk kamu gunakan.


Kedua, dalam bentuk mengapresiasi diri terkadang seseorang lupa bahkan tidak memilikrkan manfaat dan nilai kesehatannya. Setiap manusia memiliki tingkat kebahagiaan dan kesenangannya masing-masing. 

Mayoritas orang lebih memilih membeli makanan, minuman maupun barang favoritnya yang tidak memilikrkan akan kesehatannya, itulah terkadang seseorang dalam melakukan self reward dengan membeli sesuatu yang tidak sehat. 

Dengan begitu dalam memanfaatkan self reward perlu juga menghindari makanan maupun minuman yang beralkohol walaupun kamu menyukainya. Karena, ingat kesehatan manusia adalah nomor satu yang paling penting untuk dijaga.


Ketiga, keseringan juga termasuk kesalahan yang dapat dilakukan ketika melakukan self reward. Perlu digaris bawahi bahwa self reward penting untuk diri sendiri, namun juga perlu diketahui bahwa self reward ada dan diperlukan sebagai bentuk apresiasi diri atas goal yang diimpikan dengan berbagai proses yang menguras tenaga, pikiran maupun hati. 

Namun jangan begitu keseringan dalam melakukan self reward, kenapa? Karena akan membuat dirimu menjadi pribadi yang terjebak perilaku konsumtif dan boros.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan