Mohon tunggu...
Pinastie Irdina
Pinastie Irdina Mohon Tunggu... dina

halo semua! selamat datang di blog aku, selamat membaca !

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peringatan Tahun Baru Islam di SMP Labschool Jakarta

17 September 2019   10:56 Diperbarui: 17 September 2019   10:59 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah S.A.W. Kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi SAW.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia.

 Pada 13 September 2019 kemarin, SMP Labschool Jakarta memperingati  Tahun Baru Islam 1441 H. Acara tersebut dilaksanakan di ruangan Auditorium untuk kelas 7 dan 8 SMP, dan di Masjid untuk kelas 9 SMP. Pertama kita menyaksikan suara merdu dari ketua 1 OSIS kita yaitu Echa. lalu kita mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dari ROHIS SMP Labschool Jakarta. Lalu ada pembacaan sambutan dari Ketua POMG.  Acara tersebut dimulai pukul 7.00. Pembicara yang diundang adalah seorang Ustadz yang sudah kenal lama dengan Bp. Asdi selaku kepala SMP Labschool yang aku lupa namanya siapa. Ustadz ini senang sekali menyampaikan ilmunya dengan pantun, banyak sekali pantun yang diucapkan selama ia berbicara. 

Ia menyampaikan tentang anak zaman sekarang yang sudah tidak menjaga dirinya. Banyak sekali orang berzina, selingkuh dll. Ia juga menyampaikan bahwa kita harus menjaga diri sendiri, tidak boleh menambah dosa, dan fokus belajar saja. Terimakasih yang teklah membaca artikel ini, semoga menjadi penambah wawasan dan sampai jumpa. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x