Mohon tunggu...
Pina Mulyanti
Pina Mulyanti Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar/Mahasiswa

Pendidikan, travel, style, healthy

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

KKN UPI Kampus Purwakarta dalam Meningkatkan Pengunjung Wisata Religi Mahmud

6 Agustus 2022   07:00 Diperbarui: 6 Agustus 2022   12:58 201 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

6 Agustus 2022

Bandung, Agustus  2022--Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan perkuliahan mahasiswa yang mewujudkan Tri Dharma Perguruan tinggi.Mahasiswa  diharapkan terlibat langsung dalam kegiatan  masyarakat dengan  aktif merumuskan, menganalisis, dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengabdiannya kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi secara langsung untuk memecahkan permasalahan yang ada dengan bimbingan dari dosen dan masyarakat.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta yang bernama Pina Mulyanti telah melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri ditempat tinggalnya di Kp. Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung  yang menjadi salah satu tempat Wisata Religi Kawasan Makam Keramat Mahmud. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan dimulai dari tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan  Wina Mustikaati, M.Pd.

Tema yang diangkat untuk KKN tahun 2021/2022 adalah Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM.

Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Pina yaitu,

(1) Membantu membuat poster digital untuk di sebar di media sosial karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui wisata religi tersebut. 

Tidak hanya membuat poster tentang Wisata Religi saja namun saya juga di tugaskan untuk membuat poster pembukaan penyaluran infaq untuk pembangunan Masjid Agung Mahmud yang mana masjid tersebut merupakan center utama bagi pengunjung dan peziarah untuk melaksanakan ibadah sholat. Karena sekarang ini mesjid tersebut akan direnovasi dan sudah bertahun-tahun belum direnovasi namun dengan adanya pembangunan ini mesjid yang dibangun hanya dengan bambu (bilik) memiliki filosofis yang menarik karena menurut sesepuh setempat mesjid tersebut dibangun dengan dasar kehidupan itu hanya sementara, kaya dan miskin bukan menjadi jaminan manusia masuk surga, namun dengan amalan yang kita lakukan selama hidup dunia, hidup sederhana merupakan keindahan dalam kehidupan.

(2) Membantu memasarkan makanan dengan membuat food vloger.

Makanan yang menjadi ciri khas wisata religi tersebut yaitu gepuk Mahmud makan dari olahan daging sapi yang ditaburi dengan parutan kelapa atau yang dinamakan serundeng dan opak Mahmud yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu kacang yang rasanya sangat enak dan renyah saat dimakan, kedua makanan ini milik bapak H. Nuron selaku sesepuh Kp. Mahmud,  agar kios makanan tersebut ramai dikunjungi agar lebih menarik bagi para peziarah untuk membeli oleh-oleh di kios bapak H. Nuron.

Program KKN ini sangat membantu untuk meningkatkan  wisatawan untuk berziarah ke 3 makam yang dianggap paling dihormati oleh masyarakat setempat dan masyarakat luar. Karena menurut sesepuh setempat Bapak H. Nuron" makam yang sering dikunjungi oleh peziarah adalah Makam Eyang Abdul Manaf beliau adalah seorang ulama besar inilah yang mendirikan kampung yang tepat berada di tengah lingkaran Sungai Citarum tersebut hingga bisa lestari hingga saat ini. Syekh Abdul Manaf merupakan cucu dari bupati Dalem Dipati Agung Suriadinata. Beliau mempunyai putra bernama Dalem Natapradja. Kemudian Natapraja ini memiliki putera Abdul Manaf atau yang dikenal dengan sebutan Dalem Mahmud. Sang ulama ini diperkirakan hidup antara tahun 1650--1725. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan