Mohon tunggu...
Pilna Safitri
Pilna Safitri Mohon Tunggu... MAHASISWA STP TRISAKTI USAHA PERJALANAN WISATA 2019

Mahasiswa Beasiswa Unggulan On-Going Kemendikbud 2020

Selanjutnya

Tutup

Travel

Dari Seram hingga Jadi Tempat Wisata Favorit

5 Desember 2020   00:00 Diperbarui: 5 Desember 2020   00:15 37 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Seram hingga Jadi Tempat Wisata Favorit
Sumber : mapio.net

Hallo teman teman kompasiana, kali ini saya kembali lagi dengan pembahasan tentang pariwisata tapi ini lebih spesifik lagi yaitu membahas tentang suatu objek secara detail supaya bisa menarik teman teman semua untuk mengunjunginya.

Simak baik baik ya teman teman :).

Seperti yang kita ketahui negara kita tercinta indonesia adalah negara yang mempunyai banyak jenis wisata dari alam, budaya hingga sejarah dan sebagai negara yang pernah dijajah selama ratusan tahun tentu banyak peninggalan sejarah yang tersisa dan masih ada hingga sekarang, salah satunya adalah benteng toboali yang terletak di kota toboali, Kep. Bangka Belitung, mungkin ketika meninggalkan kata sejarah dan benteng akan terdengar menyeramkan, yapsss memang benteng ini terlihat seram karena memang dulunya adalah penjara yang digunakan pada masa penjajahan, banyak juga rumor rumor mistis yang lekat dengan benteng toboali ini, beberapa bangunan yang sudah runtuh dan keberadaan pohon beringin yang besar membuat kesan seram semakin lekat dengan tempat ini. 

Seiring berjalannya waktu pemerintah dan masyarakat sekitar mengubah mindset mereka tentang tempat ini dan menjadikan tempat ini menjadi suatu objek yang akan diminati oleh masyarakat. banyak pembenahan yang dilakukan pada tempat ini diawali dengan menanam tumbuhan ditempat ini agar terlihat lebih hijau dan ditidak terlihat seram, setelah itu meletakkan tong sampah agar siapa saja yang mengunjungi tempat ini tetap menjaga kebersihannya. semakin hari tempat ini semakin diminati masyarakat sebagai tempat untuk bersantai ria dan mengabadikan moment.

Sumber : Bangka Belitung Travel
Sumber : Bangka Belitung Travel

pada foto yang diabadikan oleh bangka belitung travel adalah keadaan benteng toboali setelah di benahi, terlihat cantik bukan. karena banyaknya peminat pada objek wisata ini benteng toboali selalu melakukan pembenahan dan perbaikan pada objeknya, letak benteng yang menghadap langsung kepantai juga membuat objek wisata ini sangat diminati masyarakat bahkan masyarakat yang berasal dai luar toboali. untuk menambah kenyamanan pengunjung sekarang di kawasan benteng sudah terdapat restoran dan tempat karaoke. hal tersebut menambah minat masyarakat dari yang dulunya takut datang ke kawasan ini pada malam hari sekarang sudah berani karena memang keadaanya sudah ramai. sekarang benteng toboali sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit bukan hanya bagi masyarakat toboali tetapi juga masyarakat dari luar toboali, setiap sore dan malam kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung apalagi pantai yang berada di dekat benteng ini adalah spot sunset terbaik dikota toboali.

Sumber : Pilna Safitri
Sumber : Pilna Safitri

Secara pribadi tempat ini juga merupakan objek favorit saya karena selain bisa menikmati suasana benteng yang sejuk jika bisa turun kebawah dan menyaksikan sunset yang indah ini, benteng yang memiliki kesan seram sekarang sudah berubah menjadi objek favorit masyarakat yang setiap hari selalu ada pengunjungnya, semua berkat dari usaha dan kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam membenahi objek wisata yang memiliki potensi yang luar biasa, buat kalian pecinta wisata sejarah mix wisata alam wajib banget nih kunjungin benteng toboali tentunya dengan keadaan sekarang tetap mematuhi protokol kesehatannya, sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya teman pembaca:)

Sumber : media-skyGrapher
Sumber : media-skyGrapher

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x