Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Karakter Spongebob yang Menginspirasi Semua Usia

15 September 2019   18:43 Diperbarui: 23 September 2019   04:03 0 24 10 Mohon Tunggu...
Karakter Spongebob yang Menginspirasi Semua Usia
ilustrasi gambar dari hollywoodreporter.com

Film kartun Spongebob Squarepants adalah salah satu film kartun favorit saya sejak zaman kuliah. Tapi sejak bekerja, menikmati kelucuan makhluk-makhluk Bikini Bottom di layar kaca itu tinggal sesekali saja.

Oleh karenanya saya jadi ikut terusik setelah mendapat kabar film kartun favorit itu kena sempritan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).  KPI memberikan surat teguran kepada 13 program dari sejumlah media, dan tayangan Spongebob Squarepants salah satunya.

Alasan KPI memberikan teguran adalah karena adanya adegan kekerasan dalam film kartun tersebut. "Bahwa program siaran 'Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie' yang ditayangkan oleh stasiun GTV pada 22 Agustus 2019 mulai pukul 15.02 yang terdapat adegan melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu," ujar Mulyo Hadi Purnomo, Wakil Ketua KPI kepada jurnalis kompas.com.

Bagi para penggemar Spongebob kabar ini jadi seperti berita duka cita. Menyedihkan. Banyak warganet yang bereaksi negatif menyikapi tindakan KPI yang dianggap kurang bijak, karena masih banyak tayangan-tayangan lain yang juga tidak terlalu layak tonton tapi toh tidak tersentuh oleh sempritan KPI.

Lepas dari polemik tersebut, pada tulisan ini saya ingin membagikan beberapa hal tentang karakter Spongebob Squarepants, sang penghuni rumah nanas di Bikini Bottom. Sebenarnya Spongebob itu adalah karakter yang menyenangkan dan bisa jadi panutan siapa pun, bukan hanya anak-anak saja. Bagi pembaca yang juga penggemar film kartun produksi Nickelodeon tersebut, tentu karakter Spongebob sudah familiar. Tapi buat pembaca yang masih asing, mari kita mengenal karakter Spongebob Squarepants lebih jauh.

Selalu Gembira

Pada hampir seluruh scene, Spongebob selalu ditampilkan sebagai sosok yang ceria dan menyenangkan. Ya, dia memang simbol kegembiraan dan keceriaan. Mengawali hari dengan gembira, bekerja dengan gembira, berteman dengan gembira, bermain dengan gembira (kalau yang ini sudah pasti), melakukan apa pun dengan gembira. 

Karakter ini jadi penyeimbang bagi karakter-karakter yang lain, seperti Squidward yang pemurung atau Mr.Krabs yang culas. Saya selalu suka pada adegan saat Spongebob dan Patrick kawan karibnya bermain dengan riang di ladang ubur-ubur, bahkan pernah jadi inspirasi puisi saya untuk si bocah saat masih berusia beberapa bulan (baca: Ladang Ubur-ubur)

Profesional

Spongebob bekerja sebagai koki di restoran Krusty Krab milik Mr. Krabs. Sebagai pekerja restoran dia adalah contoh seorang pekerja keras dan profesional. Dia selalu mendapat penghargaan employee of the month, ya walaupun kompetitornya hanya Squidward seorang. 

Semua orang menyukai krabby patty (burger khas Krusty Krab) buatannya. Dia memang selalu menyajikan kesempurnaan pada masakan tersebut. Adegan favorit saya terkait ini adalah pada saat Spongebob adu masak dengan Neptune, sang penguasa lautan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x