Mohon tunggu...
Philip Manurung
Philip Manurung Mohon Tunggu... Pengajar

lahir di Medan, merantau ke Jawa, tinggal di Sulawesi, melayani Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Kisah Nyata Yasuke, Afro-Samurai yang Penuh Misteri

8 Agustus 2019   11:25 Diperbarui: 8 Agustus 2019   19:57 496 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Nyata Yasuke, Afro-Samurai yang Penuh Misteri
Poster film Afro-Samurai. Disalin dari: amazon.com

Kenshin, Musashi, Shingen, Hidesyoshi, Zatoichi. Familier dengan nama-nama tersebut? 

Benar. Mereka adalah legenda-legenda samurai dari Jepang.

Selain nama-nama besar di atas, ada satu lagi yang sering dilupakan orang. Bukan karena sepak terjangnya tidak signifikan, tetapi kisah hidupnya penuh misteri.

Namanya dikenal dalam sejarah sebagai Yasuke. Ia seorang samurai keling (kulit hitam); orang Afrika pertama dan satu2-satunya yang layak menyandang dua katana.

Dididik oleh Para Misionaris

Tahun 1543, bangsa Portugis sampai di pesisir Selatan Jepang pada waktu yang tepat. Kekaisaran Ming di Cina memutuskan hubungan dagang dengan Jepang. Padahal, Jepang masih sangat membutuhkan kain sutra impor dari Cina.

Para pedagang Portugis melihat sebuah peluang bisnis sebagai perantara. Mereka akan membeli kain Sutra dari Cina dan menjualnya di Jepang.

Masuknya pedagang Portugis di Jepang serta merta membuka pintu bagi para misionaris Yesuit. Misi mereka: menginjili seluruh wilayah Jepang. 

Pada masa puncaknya, banyak daimyo (tuan tanah/Lord) dan lebih dari 200 ribu orang Jepang menjadi Kristen. Para petobat baru terkonsentrasi di wilayah Kyushu.

Sementara di belahan bumi Afrika, kaum Yesuit yang lain menjalankan misi yang sama. Salah satu metode yang mereka lakukan adalah membeli sejumlah budak dari kepala suku setempat untuk dikapalkan ke Eropa. Begitulah ceritanya sehingga seorang budak dari Afrika akhirnya menjadi pelayan bagi para misionaris Yesuit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x