Mohon tunggu...
Petrus Rabu
Petrus Rabu Mohon Tunggu... Buruh

Harapan adalah mimpi dari seorang terjaga _Aristoteles

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pantai Saleo, Menawarkan Keindahan Pantai Berpasir Putih dan Birunya Laut Raja Ampat

12 Februari 2019   22:16 Diperbarui: 13 Februari 2019   06:42 179 1 0 Mohon Tunggu...
Pantai Saleo, Menawarkan Keindahan Pantai Berpasir Putih dan Birunya Laut Raja Ampat
dokpri

Saleo Beach Raja Ampat  begitulah tulisan yang tertera pada sebuah papan nama di Pantai Saleo Raja Ampat. Papan yang ditempatkan pengelola  dekat area parkiran  itu menegaskan identitas sekaligus pesan bahwa "Anda sudah tiba di Saleo Beach Raja Ampat".

Pantai Saleo atau Saleo Beach merupakan salah satu pantai dalam gugusan kepulauan Raja Ampat, yang dikenal dengan sebutan "surga terakhir dibumi ."   Dan Saleo Beach merupakan bagian dari labirin surga di bumi itu . Karena itu tulisan dipapan  dibawah rindangan pepohonan khas Papua itu  menegaskan suatu hal bahwa, inilah pantai indah itu. Inilah Raja Ampat. Surga terakhir dibumi. Datanglah kesini sebelum kita berwisata ke surga akhirat.  Hehehe , saya sedikit promosi.

dokpri
dokpri
Tapi sebagai Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Raja Ampat  saya memiliki  panggilan jiwa untuk terus mempromosikan  keindahan wisata dan pesona Raja Ampat.

Mantan Gubernur Papua Barat, Abraham Oktovianus Atururi mengatakan  membangun tanah Papua itu dari kita, oleh kita dan untuk kita . Artinya kemajuan tanah Papua oleh orang-orang yang ada di tanah Papua.

"Kalau bukan sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi."  Itulah mottonya saat memimpin Papua Barat.

Motto ini memotivasi semua orang untuk terus berpartisipasi dalam membangun tanah Papua Barat sesuai dengan bakat dan kemampuan. Penulis yang tinggal di Raja Ampat, Papua Barat pun berupaya untuk menulis dan mempromosikan keindahan alam Tanah Papua Barat umumnya dan Raja Ampat khususnya, sesuai dengan hoby menulis saya yang pas-pasan ini . Hehehe .

Kembali ke Pantai Saleo.  Pantai ini menjadi salah satu pantai yang terletak dalam wilayah administrasi Kampung Saunek, Distrik Waigeo Selatan. Apa yang penulis uariakan diatas bukan bermaksud  mengada-ada atau membesar-besarkan.

Foto yang penulis ambil pada tanggal 09 Februari 2019, melukiskan indahnya panorama alam Pantai Saleo , Raja Ampat. 

Langit nan biru siang itu menambah keindahan pantai berpasir putih yang ditempuh kurang lebih 30 menit dari Waisai ,Ibukota Kabupaten Raja Ampat dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat .

Pantai Saleo-Raja Ampat (Dokpri)
Pantai Saleo-Raja Ampat (Dokpri)
Obyek wisata yang dikelola masyarakat adat ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk berlibur atau sekedar berekreaksi diakhir pekan. Tidak saja bagi masyarakat Raja Ampat tetapi juga bagi masyarakat luar Raja Ampat seperti Kota Sorong , Kabupaten Sorong dan beberapa daerah di tanah Papua bahkan luar tanah Papua yang mengunjungi Raja Ampat.

Saat ini pantai  sudah ramai dikunjungi, tidak saja akhir pekan tetapi juga pada hari-hari libur kerja atau hari lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN