Mohon tunggu...
Riding of Justice ⭐⭐⭐⭐⤵️
Riding of Justice ⭐⭐⭐⭐⤵️ Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis/Pewarta Nasional

Mari Bersama-Sama Kita Tegakan Kebenaran Yang Hakiki

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kepala Desa Naslam Suarno, Berpikir Keras Demi Pemerataanya Pembangunan

23 September 2022   09:11 Diperbarui: 23 September 2022   09:19 26 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Cilacap- Kepala desa yang satu ini memamg kerap keliling di desanya, hal itu bukan tanpa alasan beliau menuturkan agar terkontrol dan meratanya pembangunan dan kebutuhan infrastruktur di kampung-kampung di desa saya, dan siapapun warga yang berasfirasi atau meminta insya alloh akan kita perhatikan semampunya, tentunya ini hal tersebut juga sudah tertuang di peraturan dan undang-undang terutama membangun desa.

Gerakan Desa Membangun itu beda dengan 'gerakan membangun desa' yang ada selama ini. Kalau membangun desa itu kan desa menjadi ketergantungan dengan dunia luar, seakan mengharapkan bantuan dari pihak eksternal untuk membangun. Tetapi kalau desa membangun ya komponen desa itu yang lebih aktiv, Malah nantinya tak menutup kemungkinan menjadi pusat peradaban," ucap Naslam Suarno kepada Kompasiana

Bpk Naslam juga merupakan Kepala Desa Purwodasi, Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sudah 10 tahun lamanya dia menjabat dan tetap dipercaya warga desa lantaran gagasannya tersebut.

"Gerakan Desa Membangun juga ikut mengawal penerapan undang-undang pedesaan sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat," Ucapnya.

Kini Bpk Naslam juga aktiv menjadi Motivator dalam program Desa yakni bagaimana menonjolkan potensi desa supaya lebih dikenal. Tentunya caranya adalah dengan memaksimalkan teknologi informasi yang ada.

"Ini bagian dari masyarakat global di mana kita sudah tidak lagi memanfaatkan informasi yang ada di desa. Kita lakukan apa saja di desa supaya informasi semakin lebih baik,

Gerakan ini pun telah memberikan perubahan signifikan terhadap Desa  dan desa-desa lainnya yang menjadi anggota. Namun cita-cita bpk naslam tak terhenti hingga capaian saat ini saja. Dia memiliki pandangan yang lebih jauh melihat ke depan.

"Harapannya sih nanti desa itu jadi pusat-pusat peradaban baru. Ekonomi bergerak dari desa, budaya akan kuat dari desa, jadi ketika desa kuat kan negara akan kuat. Akan bisa selesaikan sebagian besar masalah yang ada di negeri kita," tutur Naslam.

Kamis 22/09/22 Wahono 44 thn Menambahkan, mudah-mudahan pemerintah pusat dan provinsi atau kabupaten kedepannya bisa lebih memperhatikan desa-desa yang lebih membutuhkan, seperti desa Purwodadi ataupun desa Cimrutu agar tercapainya pemerataan pembangunan, karena memang di desa-teraebut kebutuhan infrastruktur masih sangat dibutuhkan dan banyak yang belum tersentuh,untuk saat ini ya memang kadang pengajuan kebutuhan desa ada yang tidak di acc mungkin hal itu dikarenakan sistem ataupun permintaan proposal yang aga sulit di ajukan, mudah-mudahan kedepanya untuk pemerintahan di atas agar lebih memperhatikan, Pungkasnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan