Mohon tunggu...
BHUANA ILMU POPULER
BHUANA ILMU POPULER Mohon Tunggu...

Penerbit Bhuana Ilmu Populer "Passion for Knowledge" www.bhuanailmupopuler.com facebook: Bhuana Ilmu Populer Twitter: @Penerbit_BIP

Selanjutnya

Tutup

Money

16 Kebiasaan yang Pantang Dilakukan Sales

3 April 2014   21:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:07 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1396509691639185324

Katanya, menjadi sales itu mudah. Namun, mengapa target penjualan tak juga tercapai? Mengapa susah sekali menemukan klien? Jangan-jangan ada yang salah dengan cara Anda berjualan.

[caption id="attachment_301682" align="aligncenter" width="300" caption="Good Habits, Great Sales | Marshall Goldsmith, Don Brown, Bill Hawkins | Bisnis/ Pemasaran & Penjualan"][/caption]

Sukses sebagai seorang sales bukan masalah keberuntungan dan bakat. Kuncinya ada pada kebiasaan Anda! Percuma membuat inovasi dan strategi baru jika Anda tidak mengubah kebiasaan lama Anda. Cermati lagi sikap Anda ketika berkomunikasi dengan klien. Apakah Anda melakukan kesalahan-kesalahan berikut?

Kebiasaan # 2 Menggunakan kata-kata yang tidak perlu

Hitunglah berapa kali Anda kehilangan kata-kata dan hanya mengatakan "Intinya..." "Pokoknya...". Atau apakah Anda merasa salah menyampaikan informasi dan mengatakan "Sejujurnya..." "Sebenarnya..." Ataukah Anda sungkan menyanggah pendapat orang lain dan mengatakan "tetapi..." "namun...". Kali berikutnya, ubah kebiasaan Anda berbasa-basi dan ungkapkan komunikasi Anda dengan jelas.

Kebiasaan #4 Tidak mendengarkan

Mendengarkan butuh kebesaran hati untuk menekan ego dan mengutamakan kepentingan orang lain. Seberapa sering Anda mengabaikan pembicaraan orang lain? Apakah Anda ingat emosi lawan bicara Anda? Perhatikan lawan bicara dengan cermat atau Anda bisa kehilangan simpati dari klien berharga.

Kebiasaan #7 Menekan klien

"Beli sekarang, besok harga naik." "Daftar hari ini untuk mendapat diskon tambahan. Besok, harga sudah normal kembali." Seberapa banyak kita menerima promosi semacam ini hingga kita jengah? Berjualan memang untuk mengejar target, tetapi tidak bisa dilakukan dengan mengejar dan menekan klien terus-menerus.

Kebiasaan #13 Melempar kesalahan kepada orang lain

Anda sadar bahwa Anda berbuat kesalahan, tetapi tak mau mengakuinya? Kebesaran hati dibutuhkan untuk berkata jujur dan meminta maaf. Anda boleh saja kehilangan muka di hadapan klien, tetapi Anda tetap dihargai karena berani menunjukkan kesalahan, bukan menuduh orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun