Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menelisik Kampung Wisata Borobudur

24 September 2022   07:40 Diperbarui: 24 September 2022   08:55 96 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Homestay di Desa Ngaran Borobudur (Dokpri)

Berada di Ngaran Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah, merupakan salah satu desa yang sangat dekat dengan obyek wisata Borobudur, sekitarnya banyak homestay dan wisata kerajinan. 

Magnet Candi Borobudur memang sangat terasa dalam membangkitkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Bermunculan Warung makan untuk sarapan pagi, saat  makan siang hingga makan malam termasuk muncul cafe resto, bak menjamur.

Mobil wisata juga tersedia, bukan puluhan yang ada, tapi sudah ratusan mobil tua yang sengaja disiapkan untuk menjamu para wisatawan domestik dan mancanegara, mobil antik disulap menjadi mobil keluarga yang tentunya tidak semua obyek wisata ada seperti itu. 

Dokpri
Dokpri

Suasana pagi, terlihat banyak wisatawan jalan orjapa atau olahraga jalan pagi, termasuk olahraga naik sepeda dan ragam olahraga yang membikin mereka sehat, bugar dan bahagia.

Naik Sepeda (Dokpri)
Naik Sepeda (Dokpri)

Wisatawan bisa menginap di wilayah kampung Borobudur dengan banyak pilihan, mau penginapan model kost, homestay ataupun di hotel baik hotel melati, hotel bintang 3 ataupun pilihan hotel lainnya. 

Tiap hari dipastikan ada wisatawan yang datang ke Borobudur, terlebih kalau hari sabtu hingga minggu, bahkan akan lebih banyak yang datang termasuk saat liburan sekolah dan puncaknya jelang natal dan tahun baru. 

Penataan kota juga sangat bagus, sudah bersih dan rindang, lahan pekarangan dirawat dengan baik, dan fasilitas publik sangat menunjang bagi akses masyarakat baik  itu untuk lahan parkir maupun lainnya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan