Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Wit Tebu Kebakar, Ruginya Banyak bagi Pemilik Tebu

9 Oktober 2020   22:34 Diperbarui: 10 Oktober 2020   07:49 221 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wit Tebu Kebakar, Ruginya Banyak bagi Pemilik Tebu
Penebangan Tebu ( Dok https://pixabay.com/)

Pernah tidak anda melihat hamparan tebu saat jelang panen, lalu tiba-tiba kebakar. Padahal kalau kebakar, bukan hanya satu hektar, kadang bisa sehari lebih dari 2 hektar, pastinya pemilik tebu atau penggarap tebu akan merugi, selain nanti saat di jual ke pabrik akan banyak di potong dari sisi kualitas tebunya, rendemen tebunya, dan lain-lain, pastinya jika tebu kebakar maka hasil tebunya tidak semakin baik saat jadi gula, sedikit merah atau hitam, padahal yang dibutuhkan tebu ya warnanya putih.

Riyadi Santoso misalnya, petani tebu juga penggarap tebu, bersama mitranya menyewa lahan di beberapa desa, kemudian tebu itu di tanam dengan sangat subur, lalu hampir panen, muncul penyakit baru yakni tebu kebakar. Menurutnya ada kenapa tebunya kebakar, yakni ada yang sengaja membuang putung rokok, lalu putung rokok ini kemudian membakar daunnya tebu yang sudah tua, karena mudah terbakar, lalu merembet ke lahan yang lainnya, 

kedua yang sering terjadi adalah para pemotong tebu atau buruh potong tebu, karena lama kalau tebang dalam kondisi tebu belum kebakar, kadang-kadang ada oknum sengaja memasang obat nyamuk bakar, saat ditinggal di tengah pohon tebu, lalu boros tebu menempel pada obat bakar tersebut, terjadilah gesekan, akhirnya boros tebu tadi langsung menyala, dan merembet cepat dibantu dengan angin, jadilah kebakaran tebu. 

Baca juga Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Tebu Berbuah Lebat dan Panen Banyak

Saat tebu itu kebakar, buruh potong tebu akan cepat mengambil tebu yang sudah kebakar, dan tinggal ditebang lalu dimasukan ke dalam truck pengangkut tebu, bagi tukang potong tebu karena borongan tentunya akan semakin cepat selesai hasilnya dan cepat selesai dapat bayaran dari pemilik kebun tebu. Namun bagi pemilik tebu itu jelas rugi banyak, bisa 50 persen usahanya merugi kalau tebunya itu terbakar. 

Wajar biasanya ada mandor tebu yang ditugaskan untuk memastikan agar tidak ada kebakaran pada lahan tebu yang siap panen, karena kalau kebakaran akan sangat merugi, dan hasilnya banyak potongan di perusahaan penggilingan tebu. Wah kita sudah rugi, banyak potongan lagi, semakin rugi saja hasil usahanya. 

Usia ideal tanaman tebu hingga siap panen sekitar 11 bulan - 12 bulan. Dengan usia tanam ini, tanaman tebu memiliki tingkat kematangan tebu (brix) sekitar 20% dengan tingkat rendemen sekitar 7%-8%. Ternyata lama juga sahabat untuk menanam tebu, berbeda sekali dengan menanam padi, wajar saja jika sekarang tanaman tebu lebih banyak dilirik di lahan yang tidak produktif, karena kalau dilahan produktif, maka jelas harga sewanya akan tinggi, belum lagi biaya ongkos perawatan juga sangat tinggi, belum tentu hasilnya saat panen bisa laba. Sisi yang lain kalau kebakar saja lahan tebunya, wah bisa rugi banyak. 

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan