Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nasi Mandi, Rasanya Gurih dan Kaya Protein

23 Agustus 2019   16:56 Diperbarui: 23 Agustus 2019   16:58 0 3 3 Mohon Tunggu...
Nasi Mandi, Rasanya Gurih dan Kaya Protein
Dokumentasi pribadi

Nasi mandi, bagi saya adalah makanan aneh, karena baru pertama kali saat haji di mekah dijamu sama mukimin, awalnya mencicipi ada yang aneh dengan rasanya, tapi lihat mukimin makan kok bisa lahap binget yah. 

Temanku gatot menjelaskan apa itu nasi mandi, dan semua daging yang ada di nampan itu harus dihabiskan, dapat di bayangkan bagaimana orang arab yang hobi makan mandi seperti itu, penuh dengan protein dan lemak sama karbohidrat, wajar jika anak keturunan orang saudi tinggi dan fisiknya kuat-kuat, habis makanan khas timur tengah penuh dengan protein hewani dan kaya rempah-rempah.

Mengutip di Wikipedia, yang dinamakan Nasi mandi adalah hidangan tradisional yang berasal dari selatan Jazirah Arab kemudian menyebar ke Indonesia dibawa oleh orang Hadhrami. Terdiri dari daging dan nasi dengan campuran khusus rempah-rempah.

Habiskan satu nampan untuk 5 orang

Saat hidangan dikasihkan, ada 5 nampan saat itu, ada nasi mandi, ada nasi kebuli, semuanya dengan bumbu rempah-rempah yang dimasak oleh perempuan Indonesia tapi menu yang disajikan rasa timur tengah. Kaget juga kok satu nampan harus di habiskan untuk 5 orang, kata orang mukimin itu mah biasa mas, kalau orang saudi paling dengan 3 orang saja menu sebanyak 1 nampan bisa habis. Malahan orang saudi kalau lihat cara makan hujaj Indonesia dan beli nasi mandi, pesannya irit dan aneh, kok satu nampak di makan untuk 4-8 orang. 

Rasa nasi mandi itu gurih, serat daging kambingnya sedikit tidak bau prengus, dan karena dagingnya di bikin presto, sehingga daging pun kelihatan kenyal dan mantap, hanya saja untuk menghabiskan satu nampan perutpun menolaknya, masa ga pernah makan banyak kemudian harus lebih satu piring, dan cara makannya pun tidak boleh pakai sendok atau garpu. 

Nasi mandi, sekarang sudah masuk ke kab/kota di Jawa, apalagi di Jakarta ada resto khusus timur tengah, anda tinggal pesan disitu, sudah ada tarif makanan yang dipesan, tinggal bayar ke kasir, lunas langsung di antar ke meja dimana anda duduki. 

Bahkan para syarifah di wilayah Tegal pun sudah banyak yang bisa membuatnya dan saat ada acara rotibul hadad atau kegiatan pengajian rotibul athos, tuan rumah menyajikan nasi kebuli atau nasi mandi, dan ini menjadi ciri khas masakan ala timur tengah. 

Penasaran dengan rasa nasi mandi, saatnya untuk mencoba di warung makanan ala timur tengah di Jakarta, Tegal, Cirebon, surabaya, semarang atau dimana para habaib mengadakan kegiatan pengajian, biasanya menu masakan seperti ini akan di jumpai. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x