Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Awal Tahun, Sandal Bermerek pun Laris manis

1 Januari 2019   13:26 Diperbarui: 1 Januari 2019   13:56 188 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awal Tahun, Sandal Bermerek pun Laris manis
Sepatu sandal di Mall Matahari/dokpri

Hilir mudik pembeli sandal bermerk di matahari tegal, Jawa Tengah. Mereka sengaja membidik sandal atau sepatu untuk nantinya dipakai, bisa untuk keperluan harian ataupun sekolah. Berbagai merk di tawarkan dari jenis fladeo, marvel, kevin, nevada, karvil, homyped, new era dan berbagai merk yang lain. 

Terlihat bandrol di setiap barang yang di pajangkan, stok tersedia lengkap berbagai ukuran. Pembeli ini sengaja memilih dan memilah kecocokan barang dan ukurannya, saat barang yang dipilih cocok, maka tinggal request ke karyawan yang stand by dan mencarikan nomor ukuran yang sesuai. 

Berjam-jam berada di stokist produk sandal sepatu mungkin bagi saya menjemukan, namun akan berbeda bagi para pembeli yang ingin membelinya, di lirik, lalu di bolak balik dan dicocokkan dengan pilihannya, tak terasa walaupun sudah 3 jam lamanya, mungkin inilah gaya zaman now, jika tidak beli produk bermerk maka kesannya tidak percaya diri, atau mungkin dengan beli produk di mall besar ada paket discount yang banyak. 

Harga salah satu produk sepatu saja dilihat di bandrol sebesar Rp 609.900 tercantum ada discount 50% off plus discount 20. Sehingga para pembeli tampak semangat  semangat untuk membeli produk tersebut. 

Sebuah gaya atau gengsi

Bagi keluarga yang berpenghasilan cukup,mungkin beli sepatu dan sandal bermerk tidaklah mahal, dan sudah gayanya dalam menyesuaikan model trend zaman now, namun bagi mereka yang berpenghasilan serba kurang, maka urungkanlah untuk membelinya. Pilihan sepatu dan sandal sesuai dengan lokasi yang dipilih. Pasar tradisiona mungki  paling tepat untuk membeli sandal dan sepatu yang ada, dan besar kemungkinan adalah bermerk tapi tidak original, bahkan bisa saja aspal asli tapi palsu. Merk dan gaya produknya hampir dibuat mirip namun aslinya tidak sama. 

Penulis mengamati selama beberapa jam, gaya konstif dan rasa percaya diri saat memakai produk  bermerk ternyata menjadi alasan utama. Masalah harga itu menjadi alasan lainnya. Mereka berani membeli produk tersebut karena mampu membelinya dan beralasan bertahan lama produknya jika di pakai, kalau hilang itu faktor nasib saja. 

Kenapa laris di awal tahun

Setiap pergantian awal tahun, hamlir semua mall besar dipenuhi pembeli. Bahkan di tempat makan siang atau minuman pun penuh. Ini membuktikan bahwa gaya hidup penduduk Indonesia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Asal uangnya cukup dan terasa cocok dengan pilihannya maka akan di belinya. Namun bagi para pedagang yang mau makan siang pun memilih makan di luar mall ini, bahkan ada yang membaw perbekalan sendiri dan nantinya di makan saat jadwal makan siang. 

VIDEO PILIHAN