Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia Sukses, Pelatih Korea Gagal

8 Juni 2021   09:09 Diperbarui: 8 Juni 2021   09:18 234 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Timnas Indonesia Sukses, Pelatih Korea Gagal
Pelatih asal Korea Selatan Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, sumber gambar ; bola.com

Pepatah  bijak "Kegagalan adalah sukses yang tertunda" nampaknya tak cocok disematkan pada Timnas Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia sukses mendapatkan kegagalan meraih kemenangan yang sangat ditunggu-tunggu pecinta bola Indonesia, dari sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari Anyer sampai Panarukan, hingga dari Kerawang sampai Bekasi.

Kesuksesan Timnas Indonesia itu tidak tertunda. Timnas Vietnam membantu Timnas Indonesia tanpa tuinda, yakni dengan secara langsung membobolkan 4 gol ke gawang Timnas Indonesia. Semua gol dibuat di babak kedua.

Selain itu Indonesia juga sukses menggagalkan kepulangan Park Hang-seo pelatih Vietnam kembali ke kampung halamannya di Korea Selatan. Sejak awal, jauh hari sebelum laga, Park Hang-seo membuat pernyataan akan angkat koper untuk pulang kampung bila Timnas Vietnam kalah lawan Timnas Indonesia. 

Walau pun masih masa Pandemi Covid19, yang bikin tidak mudah untuk bepergian antar negara, Park Hang-seo nekat ingin pulang. Tentu saja Vietnam tidak ingin hal itu terjadi. Vietnam berusaha keras melakukannya di lapangan hijau. Beruntunglah Timnas Indonesia bersedia membantu Timnas Vietnam.

Dua kesuksesan timnas Indonesia itu membuat Timnas Vietnam sumringah. Mereka bersuka cita, penuh kegembiraan. Mengetahui suasana itu, pelatih Park Hang-soe pun ikut gembira, sehingga melupakan keinginannya untuk pulang kampung. Dia pun tak lagi ingat dimana letak kopernya. Baginya, koper tak lagi dibutuhkan.

Timnas Vietnam tentu punya sopan santun dan etika timur, mereka sangat berterimakasih kepada para pemain Timnas Indonesia. Tampak terlihat pada akhir laga, para pemain Timnas Vietnam penuh senyum menyalami para pemain Timnas Indonesia. 

Sebagai anak bangsa yang besar, para pemain Timnas Indonesia menyambut uluran tangan terimakasih dari para pemain Timnas Vietnam. Dari momen itu mengingatkan pada persahabatan kedua negara sebagai sesama anggota ASEAN. 

Nilai luhur persahabatan dijunjung tinggi dalam solidaritas Asia Tenggara. Seperti pepatah bijak katakan :"Sebelas musuh itu banyak, Seribu kawan itu masih sedikit".

Setelah gagal pulang kampung, Park Hang-soe akan mendampingi Timnas Vietnam pada laga selanjutnya melawan Thailand. Sementara Timnas Indonesia akan melawan Uni Emirat Arab, yang kini jadi tuan rumah perhelatan fase kualifikas Piala Dunia 2022 grup G zona Asia.

---

Peb8/06/2021

VIDEO PILIHAN