Mohon tunggu...
Gunawan S. Pati
Gunawan S. Pati Mohon Tunggu... Dosen - dosen

Penikmat buku dan pengamat pendidikan dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

Cara Jadul Mencuci Pakaian agar Hasilnya Bersih dan Baju Batik Tetap Awet

5 Juni 2021   21:57 Diperbarui: 8 Juni 2021   16:22 387 37 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Jadul Mencuci Pakaian agar Hasilnya Bersih dan Baju Batik Tetap Awet
Ilustrasi mencuci pakaian. (sumber: SHUTTERSTOCK/KABARDINS PHOTO via kompas.com)

Pilihan tindakan biasanya dipengaruhi oleh pengalaman individu atau hasil belajar. Tidak terkecuali kegiatan-kegiatan rumah tangga seperti mencuci pakaian. 

Cara mencuci pakaian yang baik  saya peroleh ketika mencuci sendiri ketika kost di Semarang serta hasil pengamatan teman-teman satu kost yang sedang mencuci.  

Jangan bertanya mengapa kok cuciannya tidak diserahkan jasa laundry yang sekarang sedang tumbuh bag cendawan di musim hujan di sekitar kampus maupun di perumahan. 

Yang akan saya ceritakan itu pengalaman ketika saya kost tahun 1980, eh ternyata sudah 41 tahun yang lalu, tentunya belum banyak yang punya mesin cuci apalagi jasa laundry, nyucinya saja ramai-ramai dekat sumur yang airnya tiambil dengan embar lewat kerekan, belum ada pompa air ya.

Mengapa cara mencuci saya katakana jadul? Karean saat ini sudah banyak mesin cuci cangih saya tetap menggunakan cara manual alias cuci pakai tangan biasa dan pakai mesin cuci. 

Ceritanya begini. 

Tahun 1990 ketika saya punya anak pertama saya membeli mesin cuci 2 tabung karena kebutuhan perlu cuci banyak pakaian ketika punya anak kecil. 

Proses mencuci dengan mesin cuci 2 tabung adalah (1) pakaian kotor dipisahkan dulu pakain berwarna n putih dipisah, celana dalam (cd) direndam dengan sabun di ember terpisah dan disikat bagian-bagian yang kotor kena keringat, (2) pakaian yang berwarna putih dimasukkan tabung 1 setelah diberi sabun diputar, (3) setelah proses pencucian selesai pada tabung 1 berikutnya proses pembilasan.

Dalam proses pembilasan saya lakukan 3 kali. Ember pertama untuk pakaian yang diambil dari tabung 1 yang masih banyak sabunnya. 

Cara pembilasan pakaian diucek sedikit diangkat ke atas agar kotoran turun ke bawah, ini dilakukan 3 kali.

Setelah itu pakaian dimasukkan pada ember ke-2 dikucek lagi dengan cara seperti yang pertama dan berikutnya pakaian dimasukkan pada ember ke-3 untuk pembilasan terakhir. Terakhir baru dimasukkan ke tabung pengeringan dan selesailah nyuci pakaian dengan mesin cuci 2 tabung dibantu manual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Fesyen Selengkapnya
Lihat Fesyen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan