Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Johnny Plate dan 10 Sektor Prioritas Percepatan Transformasi Digital

19 Maret 2023   10:12 Diperbarui: 19 Maret 2023   10:16 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Johnny Plate: Kominfo.go.id

Johnny Plate dan 10 Sektor Prioritas demi Percepatan Transformasi Digital

Akhir-akhir ini jika bicara Kominfo dan atau Johnny Plate hanya fokus pada kasus Kejaksaan Agung berkaitan dengan Bakti Kominfo.  Publik juga sering disuguhi mengenai persoalan politis, dukungan dan afiliasi Nasdem bersama dengan dukungan kepada pemerintah. Malah beredar banyak hoax berkaitan dengan pemecatan, atau menjadi tersangka, rumahnya digeledah, dan seterusnya.

Kerja Kominfo, Johnny Plate itu sejatinya bukan hanya hari-hari ini saja, sangat menarik adalah, apa yang ia bersama jajaran dalam   mengawal dan mengelola transformasi digital untuk negeri ini. Salah satu yang paling heboh ya karena berkaitan dengan proyek pembangunan BTS 4 G yang menyeret-nyeret namanya masuk dalam pusaran isu korupsi.

Akselerasi transformasi digital di Indonesia itu sangat pesat. Itu semua perlu Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Johnny Plate mengatakan transformasi digital dilakukan dalam 10 sektor prioritas untuk percepatan terwujudnya infrastruktur, pemerintahan, ekonom, dan masyarakat digital.

Kesepuluh sektor strategis tersebuh adalah, transportasi dan pariwisata digital. Perdagangan digital. Jasa keuangan  digital. Selanjutnya media dan hiburan digital. Pertanian dan perikanan digital, real estate dan perkotaan digital. Sangat penting adalah pendidikan digital yang sangat terbantu percepatannya karena pandemi yang melanda dunia tahun lalu.


Tidak ketinggalan kesehatan digital. Digitalisasi perindustrian, serta digitalisasi pemerintahan. Transparansi dan akuntabilitas sangat mengemuka jika kita bicara digitalisasi.

Kolaborasi antarlembaga negara dan kementrian untuk mencapai itu semua dengan cara atau strategi 100 inisiatif utama. Kerja sama itu juga  perlu melibatkan pemerintah pusat dan daerah, pelaku usaha, serta masyarakat secara keseluruhan.

Sektor ekonomi yang sangat tampak sudah berjalan sebagaimana gagasan transformasi digital. Pandemi memang memaksa masyarakat dan juga para pemangku kebijakan untuk menemuka terobosan ekonomi dapat tetap berjalan. Berkat di dalam pandemi global yang bisa dirasakan masyatakat Indonesia.

Pendidikan juga salah satu bidang yang paling melejit akselerasi tranformasi digitalnya. Tanpa pandemi mungkin kuliah dan pelajaran online masih sebatas wacana, gagasan, angan-angan, dan semata dunia ide. Namun cobid datang, mau tidak mau semua harus siap. Pembelajaran dan juga bekerja darirumah itu salah satu capaian yang tidak saja mempercepat digitalisasi pendidikan dan pemerintahan, namun juga perubahan pola pikir, pola tindak, dan perilaku masyarakat secara luas.

Di tengah pesimisme, perlu juga melihat bahwa ada kinerja moncer dan bahkan konon menarik maju hingga 10 tahun. Rancangan digitalisasi itu kisaran tahun 32 namun sudah bisa terlaksana di tahun 22.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun