Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Johnny Plate: Kerjasama dengan Portugal demi Pengembangan Dunia Digital RI

25 September 2022   09:17 Diperbarui: 25 September 2022   09:25 156 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal, Mario Campolargo, bertemu Menkominfo Johnny  Plate yang ditemani Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso

Johnny Plate: Kerja Sama dengan Portugal Pengembangan Teknologi Digital

Usai pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi, sebagai sebuah paung hukum untuk menjamin keamanan data pribadi masyarakt, Menkominfo Johnny Plate mengadakan kunjungan ke Portugal. Di tengahisu dan pembicaraan kebocoran data dan penjualan data oleh pelaku dari dunia digital.

Kedua belah pihak, Portugal dan Indonesia mengakui bahwa penting mengembangkan keamanan siber, ekonomi digital, talenta digital, dan infrastruktur  hulu dan hilir. Diskusi kedua menteri terutama mengenai transformasi digital.

Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal, Mario Campolargo, melihat kedua negara memang berbeda sangat besar, terutama dalam luasan wilayah dan  terutama jumlah penduduk. Portugal hanya memiliki 10 juta warga dan Indonesia 27 kalinya. Potensi besar untuk pengembangan dunia digital. Tantangan sekaligus peluang.

Selain dalam hal teknologi, Johnny Plate atas nama bangsa juga minta dukungan Portugal, agar mendukung dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 di Bucharest, Romania akhir bulan ini." RBB penting karena mengatur slot orbit. Padahal Indonesia perlu banyak slot itu, dengan adanya pejabat di sana, bisa memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan slot orbit itu bisa terjamin.

Selain itu, dukungan Portugal juga diperlukan agar memuluskan upaya Indonesia menjadi council International Telecommunication Union (ITU) kawasan E Asia Pasifik. Jabatan yang sejak 1977 sudah dipegang, dan kali  inipun wajar jika ikut kembali menjabt.

Posisi penting Portugal karena mereka memiliki jaringan fiber optik yang menghubungkan Uni Eropa     dan Afrika, wilayah Mideterania, Pantia Timur Amerika Serikat dan  Amerika Selatan, serta  Tengah.  Di era digital ini, jaringan fiber optik sangat membantu efisiensi.

Contoh, "Adanya jaringan fiber optic global ini perlu juga kita untuk memiliki hubungan supaya lebih efisien. Misalnya data yang dikirim dari Jakarta ke AS melalui jalur optic yang mana, pasti saat ini Timur Tengah, Eropa dan untuk lintas Atlantik menuju Pantai Timur Amerika, kita perlu membangun jaringannya, di situ Portugal punya jaringan yang bisa kita kerjaan bersama-sama," papar Johnny Plate.

Kesempatan dan peluang, bukan hanya  menjadi penonton atau konsumen seperti selama ini. terlibat aktif dan memberikan dampak bagi dunia dan masyarakat global. Negara ini bangsa besar harus ikut terlibat bukan hanya menjadi sasaran atau pasar semata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan