Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Bjorka Mengajarkan Hal Ini pada Johnny Plate

19 September 2022   19:46 Diperbarui: 19 September 2022   19:52 198 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bjorka: Liputan6.com

Bjorka Mengajari ini untuk Johnny Plate

Peretasan data pemerintah dan doxing pejabat publik oleh Bjorka menuai banyak respon. Suara-suara tudingan terhadap Kominfo yang digawangi Johny Plate sebagai orang yang paling harus bertanggungjawab begitu santer menyeruak. Serangan pribadi menteri malah mempertontonkan ini adalah politisasi.

Upaya membuat tim khusus gabungan juga dilakukan dan dibentuk. Menkopolhukam juga turut memberikan perhatian yang cukup besar. Ia terus mengawal dan memberikan pernyataan yang membangun, Kolaborasi antara Kominfo, BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Cyber Crime Bareskrim Polri, dan BIN.

Upaya-upaya positif untuk menelusuri jejak peretasan dilakukan untuk memperkuat Kominfo. Tamparan sekaligus ujian membawa berkah bagi 'kesiapan' polisi cyber kita sebenarnya. Lahirlah kolaborasi bukan saling serang. Memang harus diakui bahwa kasus-kasus serupa Bjorka bukan barang baru.

Kasus-kasus serupa tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Kasus kebocoran data yang menimpa Yahoo di tahun 2013 merupakan peristiwa yang fenomenal dalam kejahatan siber di mana sekitar kurang lebih tiga miliar akun bocor.

Jual beli data di red forum sudah bukan barang baru lagi di dunia siber kita. Masyarakat dan pemerintah memang 'dipaksa' untuk tetap siaga, apalagi di dunia yang sangat akrab dengan hal-hal demikian.

Sebuah adagium ini tepat rasanya terutama dalam menggambarkan situasi saat ini, semakin tinggi pohon semakin kencang anginnya. Semakin pesat perkembangan digitalisasi maka kita pun harus siap juga dengan perkembangan cyber crime di sekeliling kita.

Pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam menjaga keamanan dunia siber harus selalu meningkatkan kompetensi sehingga tidak mudah mengalami kebobolan. Semakin diupdate tentu Bjorka-Bjorka ini juga semakin mengasah skill, ini akan terus seperti ini -- menjadi sebuah siklus yang terus menerus -- intinya adalah terus berjaga.

Polisi dan maling akan selalu ada, sama dengan kebocoran data ini, bagaimanapun para pembobol itu selalu menemukan celah untuk menguji nyali dan ketrampilan mereka.

Sebenarnya Bjorka dan "Bjorka-Bjorka" lain menjadi sosok uji keampuhan Johny Plate dan tim. Ada nilai positif yang bisa diambil dari kasus ini :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan