Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

7 Alasan Messi Tidak Patut Memperoleh Ballon d'Or ke-7

30 November 2021   09:47 Diperbarui: 30 November 2021   09:57 1674 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Messi dan Ballon d'or: Kompas.com

7 Alasan Messi Tidak Patut Mendapatkan Ballon d'or 2021 untuk Tujuh Kali

Messi mendapatkan penghargaan pemain sepak bola paling prestisius di bumi ballon d'or untuk ketujuh kalinya pada tahun 2021. Hal yang sebenarnya tidak layak ia peroleh. Kapasitasnya pada tahun-tahun sebelum penghargaan tidak cukup layak memperoleh penghargaan ini.

Konsistensinya agak turun, belum lagi capainnya dengan klub sangat rendah. Ia tidak parah sih, hanya saja banyak pemain lain lebih layak karena apa yang mereka dapatkan. Ini jauh lebih penting dan bags sebenarnya, juga untuk keberadaan Messi sendiri.

Gelaran-gelaran sebelumnya sangat pantas dan memang rivalnya tidak lebih baik. Beberapa kali memang sangat sengit memperbutkannya bersama Ronaldo. Toh masih wajar ketika memang mereka berdua ada pada posisi puncak permainan baik klub maupun timnas.

Kali ini sangat buruk, malah menciderai kualitas Messi di usia akhir puncaknya sebagai pemain bola. Ia tidak terlalu buruk, namun pemain lain mulai menggantikan tempatnya.

Alasan tidak patutnya Messi;

Pertama, ia tidak cukup bersinar di tahun kemarin. Capaian golnya juga relatif rendah, dibanding rivalnya. Bersama Barca ia tidak mendapatkan posisi yang terhormat, piala hanya piala minor, bukan La Liga.

Kedua, ia kapten yang gagal. Bersama Barca ia tidak bisa berbuat banyak, berbeda era Puyol, Xavi, dan Iniesta. Eh pas ia yang memimpin kondisi memburuk dan tidak memperoleh piala La Liga.

Ketiga, ia sukses hanya di Barca, tidak di  Argentina, apalagi PSG. Terbukti ia seret untuk menjadi mesin gol PSG, di timnas Argentina juga selalu  mentok di tahap final, sampai berturut.  Padahal ia kapten tim. Artinya ia tidak mampu menjadi motivator dan inisiator bagi rekannya untuk berbuat lebih lagi.

Kini, musim dan klub baru juga belum memberikan dampak signifikan bagi tim barunya.  Jauh lebih tepat Barca yang membuatnya moncer bukan Messi membuat Barca gede.

Keempat, pemain lagi peraih Piala Eropa, Piala Champion, dan mesin gol di klub, mengalahkan Messi yang hanya mendapatkan Piala Amerika Selatan dan Copa del Rey, bukan kelasnya yang ia raih selama ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan