Mohon tunggu...
Paulina Megareta
Paulina Megareta Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Masih berstatus Mahasiswi

live your life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Psikoedukasi Upaya Menambah Pengetahuan dan Wawasan bagi Anak-anak

25 Januari 2022   18:40 Diperbarui: 25 Januari 2022   18:41 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penting bagi anak-anak menerima pendidikan sejak usia dini. Pendidikan adalah salah satu peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas anak-anak. Selain pendidikan formal yang didapatkan disekolah, anak-anak dapat mendapatkan pendidikan diluar sekolah seperti diadakannya penyuluhan. 

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM, kami dari PMM UMM Gelombang 18 Kelompok 07 mengadakan penyuluhan psikoedukasi di Panti Asuhan YASIBU, Kedungkandang, Malang. Psikoedukasi adalah bentuk intervensi psikologi yang dapat membantu dalam mengubah aspek perilaku, emosional, dan kognitif dalam suatu individu maupun kelompok. 

Masa perkembangan anak-anak dan remaja merupakan tahap belajar dan masa dimana mereka masih belum menemukan jati diri. Hal yang biasa mereka lakukan adalah belajar, bermain dan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Lingkungan eksternal perlu memfasilitasi dan mengarahkan mereka agar dapat memikirkan hal kedepannya.

Untuk itu, program kerja psikoedukasi yang kami berikan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran diri anak-anak di Panti Asuhan YASIBU adalah manajemen waktu dan konsep diri. Kegiatan ini dilakukan guna anak-anak panti asuhan memahami diri sendiri, apa yang ingin dicapai di masa depan dan juga agar dapat membagi waktu. Manfaat manajemen waktu dan konsep diri, antara lain : 

1. Dapat memahami diri 

Individu dapat mengenali diri sendiri karena mereka mengetahui siapa diri mereka, tujuan hidup, dan harapan. 

2. Dapat mengintrospeksi diri

Individu dapat mengevaluasi atas apa yang telah dilakukannya dan menjadikan hal tersebut menjadi acuan agar lebih baik kedepannya.

3. Dapat membagi waktu

Individu belajar cara membagi waktu menggunakan teori penting dan mendesak. Selain itu dapat membedakan hal yang perlu diprioritaskan dan yang dapat dikerjakan nanti.

4. Hidup lebih efektif dan efisien

Individu memahami potensi diri sehingga dapat mengoptimalisasi kegiatan sehari-hari. Selain itu dapat disiplin terhadap waktu dan aktivitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan