Mohon tunggu...
Patricia Lonteng
Patricia Lonteng Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswi

Saya Patricia Lonteng seorang mahasiswi di Universitas Negeri Manado Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perkembangan TIK dari SD, SMP, SMA

19 Maret 2024   15:41 Diperbarui: 19 Maret 2024   15:42 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada tingkat SD (Sekolah dasar) yang saya lihat dari pengalaman saya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masih belum seperti sekarang contohnya handphone. Waktu SD awal, saya dan orang-orang disekeliling saya menggunakan handphone kecil yang masih ada keypad (hp jadul), cara berkomunikasinya juga hanya menggunakan SMS ataupun telepon. Ketika mulai memasuki kelas 3 SD saya sudah mulai menggunakan handphone yang touchscreen. Sekitar kelas 4/5 SD orang-orang mulai berkomunikasi dengan BBM (BlackBerry Messenger), mulai juga kelas 4/5 saya membuat akun dari aplikasi Facebook dan berinteraksi dengan orang lain di Facebook.

Pada tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang saya lihat dan alami, orang-orang sudah mulai jarang menggunakan handphone yang memiliki keypad dari yang saya alami saat SMP sebagian besar sudah menggunakan handphone android. Untuk berkomunikasi pun sudah jarang mengirimkan pesan dengan SMS. Saat SMP aplikasi Messenger yang terhubung dengan Facebook dan WhatsApp (WA) sudah lebih sering digunakan untuk berkomunikasi.

Pada tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) menurut saya tidak terlalu jauh perubahan dengan SMP. Namun dari cara komunikasi, WhatsApp menjadi aplikasi yang selalu digunakan, ada banyak aplikasi lain yang digunakan untuk berkomunikasi namun dari yang saya lihat WhatsApp yang paling banyak. Pada tingkat SMA ini juga saya merasa hal-hal yang terjadi atau informasi-informasi yang ada, sudah lebih banyak didapatkan lewat platform-platform yang ada di handphone. Di tingkat SMA ini saya merasa handphone sudah bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun