Mohon tunggu...
SRI PATMI
SRI PATMI Mohon Tunggu... Lainnya - Dari Bumi ke Langit

Membumikan Aksara Dari Bahasa Jiwa. Takkan disebut hidup, jika tak pernah menghidupi.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Penyakit yang Sering Dialami Saat Menulis dan Cara Mengatasinya

16 Mei 2022   10:14 Diperbarui: 16 Mei 2022   16:05 218 35 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Mengatasi Penyakit Para Penulis (sumber: geotimes.id)

Munculnya penulis berbakat muda tidak terlepas dari adanya tren menulis yang kian meningkat. Jumlah penulis di Indonesia sebanding dengan pertumbuhan penduduknya. Jauh berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Penulis muda ditengarai berusia dibawah 30 tahun diiringi dengan perkembangan sastra di Jakarta dan kota besar lainnya. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan digital novel remaja teenlit banyak ditulis dalam platform kompasiana, blog, wattpad, novelme dan lain-lain. Adanya perkembangan teknologi 4.0 telah memudahkan penulis untuk memperkenalkan karyanya dan eksistensi diri kepada public.

Sebagian besar penulis memulai berkarya dengan "Habitus" atau kebiasaan membaca untuk memperkaya khazanah keilmuan dan dapat menuangkannya menjadi ide. Apa yang dibaca terkadang menjadikan ciri khas dan keunikan sendiri bagi penulis. Karena ada kecenderungan penulis akan mengadopsi apa yang dibaca baik dari gaya penulisan, genre, dan beberapa gagasan menarik lainnya.

Beberapa penyakit yang sering dialami oleh penulis diantaranya adalah :

Colygraphia atau Writer's Block

sumber: sahabatartikel.co.id 
sumber: sahabatartikel.co.id 

Seorang penulis yang mengalami writer's block bukan berarti tidak memiliki minat atau keinginan menuangkan pikirannya dalam tulisan. Hanya saja sedang terkendala pada ide tulisan yang stagnan, mandek atau mentok, merasa gagal menghasilkan karya yang terbaik. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya writer's block adalah minimnya informasi. 

Bagi seorang penulis, informasi adalah modal awal yang sangat dibutuhkan. Beberapa gejala yang dialami ketidakjelasan, ketidakmampuan dan kekurangan ide. Faktor internal yang mempengaruhi kehabisan ide biasanya kritisi terhadap diri sendiri, perfeksionis, kecemasan akan penilaian orang lain terhadap karya yang dihasilkan.

Cara mengatasi writer's block sangat beragam namun umumnya yang sering dilakukan adalah:

1. Mengatur tempat untuk menulis. Jika keheningan menjadikan diri semakin terintimidasi maka cari keramaian seperti menulis di Cafe atau tempat yang menyenangkan. 

Begitupun sebaliknya. Berpindah akan menciptakan suasana hati yang berbeda saat menulis. Jika aktivitas diluar rumah malah mengganggu, cobalah untuk berpindah tempat dari kamar ke ruang tamu atau ke taman depan rumah saat menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan