Mohon tunggu...
Pascal Dirgham Maulana
Pascal Dirgham Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro, Teknik Lingkungan

Hobi membaca jurnal. dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Hemat dan Ramah Ligkungan! Mengubah Sampah Organik Rumah Tangga Menjadi Pupuk Kompos dengan Metode Takakura

15 Agustus 2022   17:32 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:35 53 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gambar 1. Proses Pembuatan Kompos dengan Metode Takakura

Boyolali (31/07) Sampah merupakan suatu hal yang selalu ada dalam kehidupan sehari - hari, karena semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia dapat menghasilkan sampah, dan jika tidak ditangani, maka sampah akan terus bertambah serta dapat menimbulkan berbagai permasalahan sampah. Permasalahan sampah dapat berupa ganguan kesehatan, pencemaran lingkungan, pemandangan yang kumuh, serta ganguan sosial ekonomi. 

Maka dari itu perlu dilakukan pengelolaan sampah dengan tepat, agar sampah tidak menimbulkan permasalahan yang dapat merugikan lingkungan maupun masyarakat sekitar. Jika dilihat dari sumbernya, sampah paling banyak dihasilkan dari rumah tangga atau biasa disebut sebagai sampah rumah tangga. Biasanya sampah jenis ini paling banyak berupa sampah organik yang berasal dari dapur, atau berbagai kegiatan yang ada di rumah.

Selama ini masyarakat masih cenderung belum melakukan pengolahan sampah di rumahnya, sehingga kebanyakan sampah hanya dibuang di tempat sampah dan tidak dimanfaatkan. Padahal sampah memiliki potensi yang cukup besar untuk dimanfaatkan menjadi hal yang berguna dengan pengolahan yang tepat, contohnya seperti pengolahan sampah rumah tangga dengan metode Takakura yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai kompos tanaman.

Dokpri
Dokpri

Gambar 2. Penjelasan Materi tentang Pengolahan Sampah dengan Metode Takakura dan Praktik Langsung Pembuatannya

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan serta meningkatkan semangat dalam pengolahan sampah dalam skala rumah tangga, mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan sosialisasi dan praktik secara langsung mengenai tata cara pengolahan sampah metode Takakura menjadi kompos. 

Melalui program ini, ibu-ibu PKK Dukuh Geneng, Desa Bayuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali diajak untuk mengolah sampah organik yang dihasilkan menjadi kompos yang bertempat di rumah warga (31/07/2022). Metode Takakura sendiri adalah metode pengomposan sederhana secara aerob sekala rumah tangga yang memilki kelebihan dapat dikelola dengan mudah, serta tidak menimbulkan bau.

 

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan