Mohon tunggu...
Parlin Pakpahan
Parlin Pakpahan Mohon Tunggu... Lainnya - Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Keluarga saya tidak besar. Saya dan isteri dengan 4 orang anak yi 3 perempuan dan 1 lelaki. Kami terpencar di 2 kota yi Malang, Jawa timur dan Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Quinoa Superfood Asal Andes yang Patut Diperhitungkan

9 Mei 2024   15:17 Diperbarui: 9 Mei 2024   15:18 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Superfood Quinoa. Foto di-Layout dari health.detik.com dan tokopedia.com

Quinoa Superfood Asal Andes Yang Patut Diperhitungkan

Quinoa (diucapkan KEEN-wah) adalah benih tanaman berbunga yang merupakan sumber protein nabati, serat, vitamin B, dan mineral yang baik. Tanaman ini berasal dari wilayah Andes di Amerika Selatan dan telah dibudidayakan selama sekitar 5.000 tahun. Quinoa secara teknis adalah biji-bijian, namun sering disebut "pseudograin" karena dimakan mirip dengan biji-bijian sereal dan memiliki nutrisi yang serupa.

Tanaman quinoa disebut sebagai "pseudograin" atau "pseudo-cereal" karena beberapa alasan yang terkait dengan asal usul tanaman dan cara penggunaannya, meskipun secara botani berbeda dari tanaman serealia sejati.

Baca juga: Miskin

Tanaman serealia sejati berasal dari keluarga Poaceae (rumput-rumputan) dan termasuk tanaman seperti gandum, beras, jagung, dan jelai. Tanaman ini menghasilkan biji-bijian yang digunakan sebagai makanan pokok dan memiliki struktur botani yang khas bagi keluarga ini.

Quinoa, berasal dari keluarga Amaranthaceae, yang berbeda dari keluarga Poaceae. Keluarga ini mencakup tanaman-tanaman yang biasanya bukan sumber utama biji-bijian untuk makanan, seperti bayam dan bit.

Meskipun quinoa bukan anggota keluarga Poaceae, penggunaannya dalam makanan sangat mirip dengan serealia sejati. Biji quinoa dimasak dan digunakan dalam berbagai hidangan seperti nasi atau gandum, dan bisa menjadi makanan pokok atau komponen penting dalam diet.

Dalam budaya masyarakat Andes, di mana quinoa berasal, biji ini telah lama menjadi makanan penting, sama halnya seperti serealia sejati dalam budaya lainnya. Penggunaannya dalam roti, bubur, dan makanan pokok lainnya juga menegaskan kemiripan dengan serealia sejati.

Karena kemiripan dalam penggunaan, cara memasak, dan nilai gizi dengan serealia sejati, quinoa dianggap sebagai pseudograin atau pseudo-cereal. Namun, perbedaan botani dan asal keluarga membuatnya bukan serealia sejati dalam pengertian tradisional.

Quinoa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain menurunkan berat badan, melindungi jantung, mengontrol kadar gula darah, kemungkinan osteoporosis, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko sindrom metabolic, melindungi tubuh dari infeksi, mengurangi risiko penyakit pada liver, membantu melawan radikal bebas.

Quinoa juga tinggi serat dan mengandung 9 asam amino esensial, memiliki tekstur yang sesuai untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi masalah pada pori-pori wajah, sehingga sering digunakan sebagai bahan scrub

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun