Mohon tunggu...
Parlin Pakpahan
Parlin Pakpahan Mohon Tunggu... Lainnya - Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Keluarga saya tidak besar. Saya dan isteri dengan 4 orang anak yi 3 perempuan dan 1 lelaki. Kami terpencar di 2 kota yi Malang, Jawa timur dan Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Silakan: Rapat atau Markombur atau Cangkruk

30 November 2021   13:57 Diperbarui: 30 November 2021   14:24 164 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rapat Paripurna sebuah Clan di Jakarta. Dok: Keluarga Besar Hutanamora Pakpahan Jabodetabek.

Rapat? Jenis binatang apa ini? Ntar dulu. Kita lihat minimal istilah rapat itu sendiri. Istilah itu diadopsi dari kaum bule yi "meeting" dari meet atau ketemuan. 

Lalu kaum Malayu ntah kapan menyambarnya dan memadankannya sebagai Rapat. Jadi-jadiannya keqnya seperti ini yi kerapatan, merapatkan, merapat, merapati, rapat-rapatan. Itu doang. 

Titik. Istilah "ketemuan" dari kaum bule sana dirasa kurang afdhol, nah kalau rapat dan merapatkan diri. Deket-deketan kl begitu. Ini bisa jadi cangkruk atau markombur atau ngegosip kata poliyo dan anak now. Cocok deh ama bawaan bangsa ini dari sononya.

Untuk gagah-gagahan, nih definisi formalnya bahwa rapat adalah pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan sebuah solusi atau pencapaian tertentu. Rapat juga berfungsi sebagai media komunikasi antara pimpinan kantor dengan stafnya. 

Dalam arti luas rapat adalah media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka yang dilakukan oleh banyak organisasi baik itu swasta ataupun pemerintah. 

Rapat digunakan seseorang atau sekelompok orang untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan tertentu. Dalam pengertian manajemen, rapat adalah pertemuan sekelompok orang yang bersifat formal dengan melibatkan empat orang atau lebih dengan tujuan untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan kebijakan, pengambilan keputusan dan pemberian motivasi. 

Sasaran akhir diadakannya rapat yaitu agar peserta rapat dapat berkontribusi langsung dalam pembicaraan sehingga ide atau pemikiran untuk penyelesaian masalah dapat tersampaikan langsung, dan peserta rapat pun dapat termotivasi untuk memahami setiap permasalahan yang dihadapi komunitasnya, sehingga mereka dapat berkontribusi bersama dalam pencapaian tujuan tertentu.

Singkatnya dalam bahasa now rapat adalah media ngebacot terstruktur dari sekelompok orang untuk mendapatkan ide atau pemikiran terbaik dalam rangka mencapai tujuan seperti mengorganisir acara natal dan tahun baru, lingkungan sekitar nggak kebanjiran Ciliwung lagi, cepet jadi kaya, cepet menang pilkada, cepet dapet jodoh dan cepet-cepet lainnya. He He ..

Bagaimana biar efektif

Sepertinya zaman now tidak ada lagi orang yang berkumpul bersama seperti definisi di atas untuk sekadar kumpul dengan hasil mabok atau kosong. Coba, kumpul begitu saja untuk omong-omong dalam sebuah keluarga, paling tidak harus ada suguhannya minimal kopi dan teh manis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan