Mohon tunggu...
Ishak Pardosi
Ishak Pardosi Mohon Tunggu... Editor - Spesialis nulis biografi, buku, rilis pers, dan media monitoring

Spesialis nulis biografi, rilis pers, buku, dan media monitoring (Mobile: 0813 8637 6699)

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Saatnya Kopi Habinsaran Menjelajah Dunia

28 Februari 2017   01:09 Diperbarui: 2 Maret 2017   22:02 909 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saatnya Kopi Habinsaran Menjelajah Dunia
Hamparan Kebun Kopi di Habinsaran (Foto: Trubus-Online)

SIAPA tak kenal Starbucks, sebuah gerai kopi yang sangat bergengsi. Starbucks menjadi tempat kongkow bagi mereka berkantong tebal, untuk urusan santai atau bisnis sembari menyeruput berbagai varian kopi. Soal rasa? Itu nomor dua tentu saja. Terpenting, ngopi di Starbucks  merupakan sebuah kebanggaan bahkan menjadi keharusan.

Lalu apa hubungannya dengan Kopi Habinsaran? Tunggu dulu, sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya saya perkenalkan terlebih dahulu apa itu Habinsaran. Habinsaran adalah salah satu kecamatan sekaligus wilayah terluas di Kabupaten Tobasa, Provinsi Sumut. Habinsaran yang terdiri dari puluhan desa dan dusun, dengan segala keterbatasan transportasi maupun komunikasi, terletak di sebelah timur Balige, ibukota Kabupaten Tobasa.

Sejak dulu, Habinsaran terkenal sebagai penghasil kopi dan kemenyan, dua komoditas unggulan yang menjadi tumpuan ekonomi masyarakat setempat. Maka nama Kopi Habinsaran merujuk pada asal daerahnya. Jangan pernah meragukan rasa Kopi Habinsaran. Dijamin akan membuat siapa saja yang mencobanya akan kecanduan. Sedikit saran, bila Anda bukan seorang yang suka ngopi, ada baiknya mengurangi takaran bila ingin mengonsumsi Kopi Habinsaran. Bila tidak, Anda akan melek hingga 24 jam.

Sayang seribu sayang, meski menyandang rasa yang sangat fenomenal, Kopi Habinsaran masih sangat sulit menembus pasar yang lebih luas. Bahkan untuk tingkat regional saja, masih kalah bila dibandingkan dengan Kopi Sidikalang. Alhasil, Kopi Habinsaran hingga kini masih harus puas bertengger di posisi buncit, yakni hanya setia untuk konsumsi di tingkat lokal saja. Ibarat kata, Kopi Habinsaran sejauh ini masih berlabel jago kandang.

Harapan pun mulai mengemuka ketika jaringan Telkomsel akhirnya menyapa bumi Habinsaran dan sekitarnya setelah masuknya era milenium. Hanya butuh beberapa tahun saja, Habinsaran pun berubah drastis, dari wilayah yang terpencil menjadi wilayah yang sangat terbuka. Tidak ada lagi jarak antara Habinsaran-Jakarta. Dalam hitungan detik saja, segala informasi di Habinsaran bisa dengan cepat diketahui di Jakarta. Demikian pula sebaliknya, derasnya arus informasi dari Jakarta, dalam hitungan detik saja sudah langsung hinggap di Habinsaran.

Kini, dengan diluncurkannya Satelit Telkom 3S, wilayah Habinsaran tentu saja akan semakin terbuka lebar. Sebagian desa yang sebelumnya belum dijangkau akses telekomunikasi, kini dengan mudah tersambung ke seluruh pelosok dunia. Dengan semakin mudahnya akses komunikasi, secara otomatis pula akan memunculkan berbagai peluang baru yang merangsang pertumbuhan ekonomi.

Mari kembali sejenak pada kisah kesuksesan Starbucks. Kenapa gerai kopi yang mematok harga mahal tetap diminati konsumennya? Sesungguhnya apa yang membuat Starbucks mampu menguasai pasar kopi? Mudah saja jawabannya. Yakni, karena Starbucks menguasai informasi. Bekal informasi itulah yang digunakan untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa nongkrong di Starbucks merupakan sebuah kebanggaan.

Sesungguhnya, di sinilah letak keunggulan apabila menguasai informasi yang dipadukan dengan teknologi. Dengan sedikit inovasi saja, bahan baku yang diolah di Starbucks, sangat mungkin bersumber dari Habinsaran. Akan sangat ironis apabila masyarakat Habinsaran yang tinggal di kota seperti Jakarta dengan bangga menyeruput kopi di Starbucks, meski yang diseruputnya itu berasal dari kampung halamannya sendiri.

Nah, dengan bantuan satelit Telkom, sudah waktunya Kopi Habinsaran juga mampu menjelajah dunia. Logika sederhananya, jika Starbucks bisa maka Kopi Habinsaran juga bisa. Untuk memulai dan menjamin kelancaran bisnis dengan membuka gerai berlabel Kopi Habinsaran, kini akan jauh lebih mudah dengan bantuan teknologi layanan Telkom. Dengan sekali klik saja, seluruh informasi tentang keunggulan Kopi Habinsaran akan tersedia dengan lengkap.

Kini yang dibutuhkan adalah keberanian untuk memulai. Menciptakan brand sebuah produk memang tidak mudah, tetapi jalur untuk menuju ke sana kini sudah terbuka sangat lebar. Suatu saat nanti, bukan tidak mungkin Kopi Habinsaran akan menggantikan dominasi Starbucks. Tentu saja itu akan menjadi kabar baik bagi masyarakat Habinsaran seiring dengan menggeliatnya pertumbuhan ekonomi lokal.

Selamat menyeruput Kopi Habinsaran.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan