Mohon tunggu...
Rejeki H Sinamo
Rejeki H Sinamo Mohon Tunggu... Guru SM-3T

Pernah mengajar Diperdalaman Papua, demi Istri dan anak mengharuskan untuk mengabdi di kampung halaman dan kembali ke Pedalaman Sumatera

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kelas Pintar Dairi Menuju Sekolah Unggul

27 Februari 2021   01:36 Diperbarui: 27 Februari 2021   01:51 58 0 0 Mohon Tunggu...

                                                                        

Hari ini siswa SMP kabupaten Dairi akan mengikuti seleksi ujian menuju SMA unggulan. Sebanyak 161 siswa SMP dari 38 sekolah akan bertarung untuk menuju sekolah uggulan terutama SMA Yayasan Sopo Surung Balige. Tidak dapat dipungkiri Yayasan Sopo Surung Balige dan Sekolah lainnya seperti IT Dell masih menjadi primadona dikalangan masyarakat Sumatera Utara karena proses belajar dan outputsekolahnya yang kerap menuai prestasi.

Mengingat hal itu pemerintah kabupaten Dairi melalui dinas pendidikan berupaya keras mewujudkan mimpi masyarakat terutama siswa-siswi yang berharap besar untuk masuk ke sekolah unggulan tersebut. Salah satu cara yang yang ditempuh pemerintah kabupaten Dairi adalah dengan mengadakan Kelas Pintar. Kelas pintar dikelola dengan manajemen yang baik, dipandu oleh tutor atau guru-guru pilihan dan menggunakan sistem yang terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa. Pemerintah kabupaten Dairi menyadari bahwa untuk mewujudkan Dairi unggul di perlukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul juga, dimana SDM yang unggul akan terwujud apabila anak anak cerdas, memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa meneruskan pendidikan lebih lanjut dan ke depan dapat bersaing dengan anak-anak di seluruh Indonesia maupun di Luar.

Kepala dinas pendidikan kabupaten Dairi Drs. Jonni Waslin Purba menaruh perhatian serius terhadap proses berjalannya Kelas Pintar mulai dari launching pertama bulan 10 tahun 2020 lalu hingga sekarang. Seperti yang diungkapkan beliau sebelumnya Penerapan kelas pintar tidak terlepas dari berbagai kendala yang dialami, salah satunya adalah jaringan internet yang sulit dibeberapa daerah pinggiran kabupaten Dairi seperti daerah Pasir Tengah, namun dengan adanya sinergi dan kolaborasi yang baik dari setiap stake holder program kelas pintar masih tetap berjalan baik dan menjadi program unggulan terutama dimasa pandemi Covid-19.

Dalam bincang-bincang kepala dinas pendidikan kabupaten Dairi Drs.Johnni Waslin Purba, dengan Ketua Kelas Pintar Pintor Siburian S.Pd.,M.Si dan beberapa pengurus serta Pengawas sekolah rumpun PPKn Linda Simbolon S.Pd pada Kamis sore, Kepala dinas pendidikan mengharapkan dengan doa seluruh masyarakat kabupaten Dairi anak-anak didik yang ikut dalam seleksi dapat lulus menuju sekolah unggulan yang mereka inginkan. Karena dengan lulusnya anak-anak didik tersebut merupakan kebanggaan dan keberhasilan Pemerintah kabupaten Dairi dalam pendidikan, kebanggaan seluruh masyarakat Dairi. dan juga dengan berhasilnya program Kelas Pintar kabupaten Dairi juga sudah berperan serta mewujudkan satu dari delapan prioritas program Kemendikbud yaitu program digitalisasi sekolah,tegasnya.

VIDEO PILIHAN