Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Mencapai Ambisi Tertinggi

10 April 2023   04:23 Diperbarui: 10 April 2023   06:17 1922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://ramadhan.republika.co.id/

Kisah Ramadan -- 19

Roja' bin Hayat, salah seorang menteri dalam masa pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, pernah bercerita tentang kepribadian sang Khalifah. Dirinya telah menemani Umar sejak masih memimpin Madinah, sampai akhirnya menjadi Khalifah.

"Aku pernah bersama Umar bin Abdul Aziz ketika beliau masih menjadi penguasa Madinah," ungkap Roja' mengawali cerita.

"Beliau mengutusku untuk membelikan pakaian untuknya. Aku membelikan pakaian untuknya seharga lima ratus dirham. Ketika melihat pakaian yang aku belikan, beliau berkomentar, 'Ini bagus, tapi sayang harganya murah.'"

"Setelah menjadi Khalifah, beliau pernah mengutusku untuk membelikan pakaian untuknya. Aku membelikan pakaian untuknya seharga lima dirham. Ketika melihat pakaian tersebut, beliau berkomentar, 'Ini bagus, tapi sayang mahal harganya."

Roja' melanjutkan kisahnya, "Mendengar komentar tersebut, spontan aku menangis. Khalifah Umar bertanya, 'Apa yang membuatmu menangis, wahai Roja'?"

Aku menjawab, "Wahai Khalifah, aku teringat pakaianmu beberapa tahun lalu dan komentarmu mengenai pakaian tersebut."

Umar segera mengungkap rahasia tersebut kepada Roja' bin Hayat. "Wahai Roja', sungguh aku mempunyai jiwa ambisius. Jika telah berhasil mencapai sesuatu, pastilah aku ingin sesuatu yang di atasnya lagi".

"Dulu, aku mempunyai hasrat untuk menikahi putri Khalifah, Fatimah binti Abdul Malik. Aku berhasil menikahinya. Kemudian aku ingin memegang kepemimpinan Madinah. Aku pun berhasil", lanjut Khalifah Umar.

"Setelah itu aku ingin menjadi Khalifah. Aku pun berhasil menjadi Khalifah. Dan sekarang wahai Roja', ambisiku ingin mendapat surga. Maka aku berharap termasuk ahli surga", sambung Khalifah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun