Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Resolusi 2022 : Rutin Menulis di Pagi Hari

31 Desember 2021   18:09 Diperbarui: 31 Desember 2021   18:33 372 13 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://www.writersrepublic.com

"If you wait for inspiration to write you're not a writer, you're a waiter" --Dan Poynter.

Pagi pertama di tahun 2022 telah datang. Saatnya Anda curahkan pikiran dan perasaan untuk dituangkan ke dalam tulisan. Buka laptop atau gawai, segera tuliskan isi pikiran dan isi hati Anda.

Menulislah di waktu pagi. Tak perlu menunggu siang hari. Tak perlu menunggu apapun lagi.

Jika Anda ingin menjadi penulis, menulislah. Jangan menunggu datangnya mood, ide, inspirasi, wangsit, atau apapaun. Jika Anda masih menunggu sesuatu untuk penulis, Anda bukan writer --Anda adalah waiter. Demikian ungkap Dan Poyter.

Mumpung Pagi, Menulislah

Studi ilmiah menunjukkan bahwa pagi hari adalah saat yang tepat untuk proses kreatif. Sebuah studi tentang sirkuit otak menunjukkan, bahwa proses kreatif manusia paling tinggi terjadi setelah bangun tidur. Diketahui, bagian korteks prefrontal otak sangat aktif usai bangun tidur (Kevan Lee, 2014).

Studi tersebut melakukan pemindaian MRI pagi dan sore hari dan menemukan bahwa pagi hari merupakan waktu yang lebih banyak koneksi di otak --- sebuah elemen kunci untuk menghadirkan proses kreatif. Maka aktivitas menulis yang sangat banyak memerlukan proses kreatif, tepat dilakukan pagi hari.

Hal serupa dituliskan secara panjang lebar oleh Leo Widrich (2018), yang memaparkan fakta-fakta ilmiah tentang kinerja otak yang teraktivasi pada pagi hari. Proses kreatif manusia menjadi sangat optimal pada pagi hari setelah bangun tidur. Dengan demikian menulis di waktu pagi akan memberikan kemudahan dalam mewujudkan kreativitas dan orisinalitas ide.

Gina Conroy menyatakan, "I do my best writing in the shower", dan ia mengatakan bahwa tidak sendirian. Banyak penulis hebat yang menemukan ide menulis saat mandi pagi. Zulie Rane menyatakan, saat mandi terkadang ia menemukan ide menulis, dan menuliskannya pada cermin yang beruap.

Ketika mengomentari tulisan Gina Conroy di blognya, Kaitlin menulis pengalaman pribadinya yang unik. "I do my best writing in the shower because I have no distractions. I am forced to think instead of consume". Baginya, kamar mandi adalah satu-satunya tempat yang tanpa gangguan, maka ia bisa menciptakan ide menulis yang terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan