Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Enam Hal Kecil yang Menghadirkan Kebahagiaan Besar

9 Desember 2019   14:00 Diperbarui: 20 Desember 2019   06:59 179 1 0 Mohon Tunggu...
Enam Hal Kecil yang Menghadirkan Kebahagiaan Besar
ilustrasi : favim.com

Dalam kehidupan sehari-hari, ada sangat banyak hal kecil yang berpengaruh besar bagi keharmonisan pernikahan. Berbagai hal kecil yang sering dianggap remeh serta sering disepelekan, padahal sangat mudah dilakukan, sekaligus memberikan kebahagiaan bagi pasangan. Di antaranya adalah:

  • Ringan membantu pasangan tanpa diminta

Melihat istri sedang sibuk, segera menawarkan bantuan yang diperlukan. Melihat suami rempong, segera datang ikut meringankan pekerjaannya. Membantu kerepotan pasangan adalah tindakan sederhana, karena hanya memerlukan kemauan dan sedikit waktu. Padahal dampaknya akan sangat membahagiakan pasangan. Luar biasa.

  • Suka meminta maaf kepada pasangan

Seorang suami tidak akan jatuh harga diri serta kewibawaannya, apabila meminta maaf kepada istri. Pun seorang istri tidak akan terhina, apabila meminta maaf kepada suami. Apa sulitnya meminta maaf atas kesalahan dan kelemahan yang kita lakukan? Bahkan seandainya tidak ada kesalahan sekalipun, meminta maaf adalah tanda cinta kasih.

  • Suka mengucapkan terima kasih kepada pasangan

Mengucapkan terima kasih adalah hal mudah dan sederhana, namun memberikan pengaruh yang membahagiakan pasangan. Saat anda mengucapkan terima kasih, pasangan merasa telah anda berikan perhatian dan penghormatan. Tidak perlu menunggu hal-hal besar dan istimewa untuk berterima kasih, bahkan untuk hal kecil dan rutin sekalipun, tetaplah mengucapkan terima kasih.

  • Menggunakan kata 'tolong' untuk meminta bantuan

Apabila hendak meminta bantuan kepada pasangan, gunakan kata 'tolong'. Hindari kalimat perintah secara langsung, seperti, "Hai buatkan teh", "Kopiii, kopiii, segera buatin kopiii". Tapi ucapkan, "Tolong buatin teh panas ya dek" atau "Tolong antarin aku ke pasar ya Bang". Kalimat sederhana ini akan lebih membahagiakan pasangan.

  • Betah mendengarkan pasangan

Salah satu hal kecil yang menyenangkan pasangan adalah mendengarkan dengan sabar. Pasangan akan sangat senang apabila anda bersedia mendengarkan dengan antusias semua curhatnya. Pasangan anda akan merasa tersanjung, karena anda bersedia mendengarkan berbagai cerita, keluh kesah, mapun obrolannya. Ia merasa sangat bermakna di sisi anda.

  • Suka memberikan kejutan

Jangan pelit memberikan kejutan pada momentum istimewa pasangan. Kejutan bisa berupa hadiah, bisa pula berupa pelayanan yang istimewa, penampilan yang berbeda, atau sekedar ucapan. Di hari ulang tahun, ia akan merasa bahagia apabila anda selalu memberikan kejutan, walaupun berupa hal sederhana. Menaruh bunga segar di kamar, atau mengajak jalan-jalan ke tempat favorit, adalah kejutan yang berkesan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x