Mohon tunggu...
Paian Jordan S
Paian Jordan S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Akun ini dibuat untuk melengkapi tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Melalui Quizizz

29 September 2021   22:37 Diperbarui: 29 September 2021   22:44 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo semuanya, pertama-tama izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Paian Jordan Simanjuntak, biasa dipanggil Jordan. Sekarang saya berkuliah di UPI, program studi Pendidikan Bahasa Jerman.

Pertama kali saya menggunakan aplikasi/web quizizz, adalah saat saya duduk dibangku perkuliahan. Jujur kami semua sangat senang dan bahkan seperti ada didalam sebuah kompetisi. 

Menurut saya quizizz sendiri sangatlah menarik, dan tidak membatasi umur. Bayangkan saja, ada sebuah media pembelajaran yang audio visualnya bisa menarik kalangan mahasiswa.

 Dari ketertarikan saya dan teman-teman tadi, saya dan kelompok KKN saya mengaplikasikannya dalam program KKN kamu. Puji syukur yang sangat bahwa semua siswa sangatlah senang dan ingin berlomba untuk mendapatkan poin terbesar, bahkan siswa yang bisa dibilang belum terlalu rajin dalam belajar pun menjadi tertarik.

Banyak sekali faktor-faktor pendukung yang membuat quizizz sangat menarik. Berdasarkan pengalaman saya, audio saat pertanyaan dimulai membuat kita fokus pada soal yang akan tampil. Lalu saat pemilihan atau pengisian jawaban, audio mendukung untuk memfokuskan pada pemilihan atau pengisian jawaban. Saat soal berakhirpun, terdengar suara yang jelas apakah kita menjawab dengan benar atau pun salah. 

Faktor suara adalah faktor terbesar yang membuat saya tertarik. Untuk visual seperti tema, avatar yang digunakan untuk pengguna baru, juga penampilan waktu yang tidak tersekan menekan, adalah faktor-faktor yang mendukung dan melengkapi dari daya tarik quizizz itu sendiri.


Sekian pengalaman saya saat menggunakan quizizz dalam pembelajaran, baik itu menjadi penjawab dan pembuat soal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun