Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Teacherpreneur, Pujangga Emas Curup

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: Gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Prima Selama Ramadan? Lirik Sejenak 6 Hal Penting Ini

23 April 2021   23:53 Diperbarui: 24 April 2021   00:44 697 41 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Prima Selama Ramadan? Lirik Sejenak 6 Hal Penting Ini
Ilustrasi Sahur Sehat. Foto: Canva

"Sejatinya dengan berpuasa secara benar kita telah berusaha untuk menyehatkan diri dan hati."

Tidak percaya?

Begini:

Ada dua manfaat terbesar yang bakal direngkuh oleh orang-orang yang sukses berpuasa. Manfaat pertama adalah berkurangnya maksiat, dan manfaat kedua adalah bertambahnya amal saleh.

Percaya atau tidak, semenjak dirimu dan diriku berpuasa, emosi kita mudah untuk ditekan. Syahdan, diri ini juga takut berdusta, takut menzalimi orang lain, serta takut melakukan segenap kemaksiatan dengan dalih "Aku sedang berpuasa, nanti puasaku batal, nanti puasaku sia-sia."

Itu adalah nikmat alias manfaat besar yang didapat jika puasa kita benar. Kemudian, manfaat puasa adalah bertambahnya amal saleh.

Jikalau seseorang sedang berpuasa, dirinya pasti merasa ingin menambah kuantitas dan kualitas ibadah.

Yang dulunya saat tidak berpuasa jarang sholat Sunnah, sekarang rajin Tarawih dan menyempatkan diri untuk bersujud di sepertiga malam. Yang dulunya jarang membuka Al-Quran, sekarang punya target khatam minimal 1 juz 1 hari. Bukankah hal tersebut hebat?

Artinya, semakin teranglah gagasan bahwa apa-apa yang telah diwajibkan kepada kita selalu membawa manfaat. O ya, tidak terkecuali pula tentang kesehatan.

Sah-sah saja jikalau ada orang berkoar bahwa puasa itu bagus untuk program diet. Karena begini: walaupun puasa tidak diniatkan untuk diet, seseorang juga akan mendapatkan manfaat diet tersebut. Pun dengan kesehatan tubuh.

Secara, puasa mengajarkan kita untuk mendisiplinkan pola hidup mulai dari makan, minum, mengontrol hawa nafsu, hingga beribadah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x