Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pecinta Tilawah

Selalu menanam harapan walau kemarau panjang.

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Stop Sementara Tayangan P3H, KPI Mulai Sehat atau Masih Sayang?

8 Oktober 2019   01:27 Diperbarui: 9 Oktober 2019   03:35 0 22 9 Mohon Tunggu...
Stop Sementara Tayangan P3H, KPI Mulai Sehat atau Masih Sayang?
ilustrasi pengawasan penyiaran. (sumber: shutterstock)

Tepat pada hari Senin, 07 Oktober 2019 KPI kembali menampakkan tajinya. Melalui situs resminya, KPI memutuskan untuk menghentikan tayangan P3H alias "Pagi-Pagi Pasti Happy" karena sudah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Progam Siaran (P3SPS).

Acara P3H yang sejatinya sering tayang di Trans 7 ini sebelumnya sudah menerima surat teguran pertama dan kedua yang membuatnya layak untuk dihentikan selama 5 hari sejak berita ini diputuskan. Tapi kok sementara?

Terang saja, acara P3H yang bertajuk Variety Show ini hanya berkoar-koar tentang umpatan, gunjingan, cacian, omong kosong, candaan berlebihan, hingga umbar-umbar aib. Yang lebih mengganggu, P3H sebelumnya selalu tayang di pagi hari dari hari senin-jumat.

Lebih lanjut, ada 6 moment di mana P3H dianggap melakukan pelanggaran, yaitu:

  • Tanggal 26 Juli 2019 karena menampilkan muatan perseteruan antara Vicky Prasetyo dengan Angel Lelga.
  • Tanggal 13 Agustus 2019 menampilkan muatan perseteruan antara Nikita Mirzani dengan Barbie Kumalasari.
  • Tanggal 15 Agustus 2019 menampilkan rekaman video proses pemeriksaan seorang pria yang menjadi tersangka percobaan perkosaan.
  • Tanggal 23 Agustus 2019 mulai acara ini membahas kehidupan Elly Sugigi dengan mantan suaminya an. Aldo.
  • Tanggal 24 Agustus 2019, bahasan serupa soal kehidupan Elly Sugigi dan mantan suaminya diulang kembali.
  • Tanggal 26 Agustus 2019, KPI Pusat mendapati tampilan muatan perseteruan antara Tessa Mariska dengan Nikita Mirzani.

Dari rincian tayangan-tayangan di atas, sama sekali tak ditemukan satupun tayangan yang berfaedah. Perseteruan? Rasanya lebih baik kita menonton serial laga zaman pra-milenial seperti Angling Dharma atau Wiro Sableng.

Pemeriksaan percobaan pemerkosaan? Dua episode tentang kisah pribadi artis? Jujur saja, rasanya penikmat televisi tidak kepo-kepo amat dengan privasi artis. Bahkan malah berpikir masa bodoh, illfeel, dan muak mendengarnya.

KPI Masih sayang P3H

Agaknya, penghentian sementara tayangan P3H selama 5 hari di televisi semakin menegaskan bahwa KPI masih sayang dengan P3H. Bagaimana tidak, pada November tahun 2018 KPI juga telah memberikan sanksi berupa penghentian sementara tayangan P3H selama 3 hari.

Dan di tahun itu pula akun instagram KPI diserbu oleh para netizen yang kecewa karena sanksi yang diberikan KPI terkesan tak berarti. Walau demikian banyak keluhan waktu itu, KPI tetap berdalih bahwa mereka tak punya kuasa untuk membungkus acara P3H secara permanen.

Dan sekarang, sanksi yang diberikan kepada tayangan P3H hanya 2 hari lebih banyak daripada tahun 2018. Lalu, siapa yang bersalah? Atau siapa yang tertuduh salah?

Lagi-lagi kita tidak bisa menimpa semua kesalahan kepada para artis atau bintang tamu yang hadir di acara P3H. Walaupun sejatinya kisah-kisah yang mereka alami "kelam" dan "gelap", selama mereka tidak dipancing rasanya mereka cukup bisa untuk menyimpan aib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x