Mohon tunggu...
Oxana RenathaYuschak
Oxana RenathaYuschak Mohon Tunggu... Mahasiswa - President University undergraduate

student at President University, Majoring in Communication batch 2020 with Public Relation concentration

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

President University menggelar Pre-University untuk membahas jenjang karir

9 November 2021   17:57 Diperbarui: 10 November 2021   17:58 38 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

President University - Dalam dunia kerja, jenjang karir sangatlah penting. Seorang karyawan profesional biasanya melihat jenjang karir sebagai target atau tujuan dalam melakukan pekerjaan. Jenjang karir itu sendiri juga bisa diartikan dengan sebuah tangga yang bergerak ke atas dan menjadi langkah awal bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. 

Maka itu President University (PresUniv) menggelar acara Pre-University. Ini merupakan acara untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru pada tahun 2021. Sebagai salah satu rangkaian acara, bekerjasama dengan Tes Minat Bakat, PresUniv mengadakan tes yang meliputi tes bakat mahasiswa, tes jurusan perguruan tinggi, tes karir, dan penilaian rekrutmen SDM. Semua tes menggunakan platform digital akademik.

Acara ini menghadirkan Monik Christina, pendiri dan CEO Tes Minat Bakat membawakan materi tentang jenjang karir dalam program ini. Dalam sesinya Monik membahas banyaknya mahasiswa baru yang masih bingung memilih karir dan jenjang karir. 

Monik menuntun para mahasiswa baru agar dapat lebih terbuka dengan pilihan karir yang akan dipilihnya. Monik membawakan penjelasan yang menarik sehingga para mahasiswa baru tidak takut dengan rintangan jenjang karir yang di pilihnya.

Monik berkata, "Sukses itu seperti mencari harta karun, tidak ada yang bisa mendapatkan hartamu, kecuali kamu mendapatkannya sendiri." Selama kita bertumbuh besar, kita mempelajari berbagai definisi sukses dari orang tua, guru, serta teman-teman kita. Masing-masing orang mempunyai bayangan atas apa dan siapa kita seharusnya menjadi. 

Walaupun menghargai opini dan harapan orang lain merupakan hal yang diperbolehkan, kita tidak kemudian harus menjadikannya sebagai opini dan harapan kita sendiri. Tidak ada yang bisa memaksakan versi sukses mereka kepada kita. Tidak ada yang bisa mendefinisikan apa itu artinya memiliki kehidupan yang bahagia.

Monik mendefinisikan sukses seperti harta karun yang harus dicari dengan kerja keras mu sendiri. Monik mempunyai 3 langkah sandaran untuk visi misi menuju kesukses an. Pertama ketahui dan pahami visi misi anda. 

Pernyataan visi dan misi memberikan titik fokus yang membantu menyelaraskan semua orang dengan organisasi, sehingga memastikan bahwa setiap orang bekerja untuk satu tujuan. Kedua kenali medan perang anda. 

Dengan memahami lingkungan, maka akan membantu anda dalam memindai dan memahami perubahan yang tengah terjadi. Sebagai pengraih kesuksesan, Anda juga dituntut untuk membuat perubahan di lingkungan internal agar bisa disesuaikan dengan lingkungan eksternal. Langkah terakhir adalah membuat rencana dan strategi yang mencakup spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu. 

Dalam hidup tentunya kamu memiliki sebuah target dan tujuan untuk menggapai impian. Karenanya setiap orang yang memiliki target tentu memiliki cara dan tahapannya masing-masing. Di era seperti sekarang ada suatu metode yang dapat mempermudah kamu dalam menetapkan target, rencana dan tujuan yaitu metode SMART Goals.

SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Specific adalah di saat kamu memiliki target ataupun rencana kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan