Ouda Saija
Ouda Saija Mohon Tunggu... Dosen - Seniman

A street photographer is a hitman on a run.

Trip Artikel Utama

[Street Photography] Terjebak di Wilayah Konflik Bersenjata

9 Oktober 2018   23:31 Diperbarui: 10 Oktober 2018   05:53 3140

Foto-foto jalanan ini saya ambil sebelum dan ketika saya terjebak konflik bersenjata di Kashmir, India. Ketika saya sudah kembali ke daerah aman saya merasa senang bisa mendapatkan foto-foto yang menarik, tetapi ketika saya masih di daerah konflik pernah terbersit bahwa mungkin saya tak akan sempat kembali dengan selamat.

Konflik bersenjata dan saling bunuh antar manusia rasanya belum pernah berhenti. Kemungkinan mengetahui kabar dari sudut-sudut dunia yang lain semakin mudah dengan kemajuan teknologi informasi, namun tak jarang yang dikabarkan adalah pertikaian. Kisah bunuh membunuh bahkan tercatat dalam kitab-kitab kuno.

Semua sudut dijaga (dokpri)
Kini ketika peradaban telah dikatakan lebih maju, konflik tetap ada. Saya sering merenung mengapa konflik tetap saja ada. Padahal kalau kita pikir, bumi menyediakan kecukupan bagi semua.

Ada daerah yang kekurangan tetapi ada daerah yang kelebihan. Secara umum, bumi kita masih cukup menopang kehidupan yang layak bagi penghuninya.

Berteduh bersenjata (dokpri)
Alasan atau pembenaran klasik akan adanya konflik adalah perebutan sumber daya, perebutan makanan. Perebutan makanan memang hal yang memalukan karena sangat primitif. Maka konflik biasanya lalu dibalut dengan berbagai pembenaran yang seolah rumit dan canggih bahkan mulia dan kesatria.
Sembunyi (dokpri)
Konflik biasanya terjadi ketika dua kehendak dasar manusia bertabrakan. Manusia selalu mempunyai kehendak bebas atau free will pada satu sisi, namun pada sisi lain manusia juga mempunyai kehendak untuk berkuasa atau yang biasa dikenal dengan the will to power.

Ketika manusia yang satu ingin 'bebas' tetapi manusia lain ingin 'berkuasa' atas kebebasan yang lain maka akan terjadi konflik.

Saya sendiri setidaknya pernah tiga kali terjebak di daerah konflik bersenjata. Saya terjebak dalam kerusuhan pertama kali pada tahun 1998 ketika terjadi pergantian kekuasaan di Indonesia. Kampus Universitas Sanata Dharma di kepung tentara selama beberapa hari. Suatu malam seorang mahasiswa tewas di jalan kecil dekat kampus.

Sampai sekarang tak terungkap apa yang terjadi malam itu. Mahasiswa berdemo dan bentrok dengan aparat sepanjang malam. Kira-kira jam 3 pagi Moses Gatotkaca, yang sekarang namanya menjadi jalan, ditemukan sekarat diselokan kecil di selatan kampus USD. Malam itu saya dan beberapa teman terkurung di kampus.

Dokpri
Pengalaman kedua terjadi waktu saya studi di Chicago. Pada tahun kedua di Chicago saya bersama dua orang teman dari Indonesia menyewa sebuah rumah di daerah Chicago selatan yang berbatasan dengan Chinatown. Katanya daerah ini tidak aman tetapi sewa rumah relatif murah. Pada suatu malam, kira-kira jam 1 saya mendengar serentetan tembakan.

Ternyata ada perampokan di toko kelontong yang buka 24 jam yang letaknya tiga rumah dari rumah kami. Seorang perampok berhasil ditembak mati tetapi satu perampok lagi berhasil meloloskan diri dan bersembunyi di blok perumahan kami.

Semua warga dilarang keluar rumah. Dari jendela saya hanya mengintip polisi bersenjata lengkap lalu lalang dan helikopter terdengar berputar-putar sampai pagi.

Anak-anak yg ramah (dokpri)
Perjalanan ke Kashmir sebenarnya adalah sebuah perjalanan liburan. Kami berempat berangkat dengan pesawat dari New Delhi ke Kota Srinagar, kota terdekat dengan Kashmir yang memiliki bandara.

Di Srinagar kami menginap semalam sebelum melanjutkan perjalanan darat dengan menyewa mobil ke Kashmir. Srinagar sendiri adalah sebuah kota yang indah. Saya akan berbagi cerita tersendiri tentang street photography di kota ini lain waktu.

Kami berangkat dari Srinagar menuju Kashmir pada pagi hari. Jalanan yang indah di antara pegunungan dan kelok-kelok sungai. Hari itu langit sangat cerah. Kami melewati beberapa pos keamanan.

Pada salah satu pos semua orang dan barang harus turun dari mobil. Orang dan barang bawaan dicek dengan pemindai sinar X seperti di bandara. Sore hari kami sampai di Lembah Pahalgam dan mencari hotel untuk menginap.

Penjual sayur sebelum konflik (dokpri)
Sepanjang perjalanan dari Srinagar ke Kashmir, selain pemandangan yang pegunungan, sungai, dan lembah yang indah saya juga melihat banyak polisi dan tentara bersenjata lengkap. Saya memotret beberapa secara candid. Saya sebenarnya sudah merasa kurang nyaman tetapi sopir kami yang orang lokal menyatakan itu hal biasa.