Mohon tunggu...
Otang Sopian
Otang Sopian Mohon Tunggu... Guru - Guru

Humoris merupakan sifat yang melekat pada diri saya, begitulah orang-orang mengatakannya. Saya memiliki hobi membaca dan menulis, berkarya melalui seni rupa dan desain grafis, dan saya juga termasuk orang yang memiliki sifat rasa ingin tahu yang besar terhadap hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menumbuhkan Kreativitas di Era Informasi Digital

11 Februari 2024   10:34 Diperbarui: 11 Februari 2024   11:16 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mindset Digital

Dunia digital telah membudaya dalam kehidupan masa kini, semua orang mendapatkan fasilitasnya dengan mudah. Fasilitas digital yang terus berkembang dengan pesat,  memberikan pelayanan yang luar biasa dan terjangkau, sampai anak-anak kecil pun sudah mendapatkan layanan digital dengan mudah dan murah. 

Disertai kemunculan perangkat digital (keras dan lunak) dalam waktu yang sangat cepat, dengan berbagi merek, tipe dan spesifikasi canggih, untuk menunjang kenyamanan pengguna pada saat mengakses layanan digital, seperti youtube, Instagram, Tiktok, dll. Semuanya terpadu membentuk pola pikir digital di masyarakat.

Kemudahan layanan digital tersebut menjadi ladang keuntungan bagi mereka yang memiliki mindset yang produktif, yaitu mereka yang mampu mencari peluang dalam teknologi informasi digital dan menindaklanjutinya dengan benar, terukur dan sesuai harapan. 

Mereka menemukan peluang dengan benar melalui ilmunya, mengelola peluang dengan analisa yang terukur,  sampai produktif menghasilkan produk layanan digital yang kreatif dan sesuai harapan. 

Namun sebaliknya, kerugian secara moral maupun material akan menimpa mereka yang tidak memiliki mindset produktif, karena bagi mereka keberadaan layanan informasi digital hanya sebagai layanan hiburan semata.

Tantangan dan Peluang di Era Digital

Era Digital telah banyak merubah tatanan kehidupan manusia, perubahan kearah positif maupun negatif, hasil perubahan yang terjadi tergantung pada pengguna layanan informasi digital itu sendiri. 

Jika berharap perubahan yang positif, maka gunakanlah perangkat digital untuk mengakses konten-konten yang bermanfaa, bukan untuk mengakses konten-konten yang merusak. 

Keberadaan media digital yang terus berkembang dengan cepat, merupakan tantangan bagi masyarakat Indonesia, karenalayanan  informasi digital yang penuh keragu-raguan dan ketidak pastian ini, belum diimbangi dengan kesiapan mental masyarakat Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun