Mohon tunggu...
Raffa Rasya Alpheratz Nugraha
Raffa Rasya Alpheratz Nugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Work for part time as an freelancer

Selanjutnya

Tutup

Money

JNE Memberikan Senyum Kepada Indonesia

4 Januari 2022   18:46 Diperbarui: 4 Januari 2022   18:53 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sejak kasus Covid-19 merajalela di Indonesia, menyebabkan perekonomian di Indonesia menurun dan sangat sedikit perputaran uang yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini tentunya dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu contoh kendala yang paling umum adalah masyarakat sangat susah untuk bertransaksi seperti biasanya karena pemerintah telah membuat regulasi yaitu PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang dimana semua kegiatan masyarakat akan dibatasi guna untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Peristiwa seperti ini sangat tidak diinginkan oleh semua orang dan ingin beraktivitas seperti biasanya.

Dampak ini juga mempengaruhi perkembangan usaha masyarakat sehingga membuat banyak usaha yang gulung tikar atau bangkrut. Keadaan yang mendesak seperti ini tentunya juga mengubah pola pikir masyarakat termasuk saya, dimana usaha yang dilakukan harus berubah dan berinovasi agar terus berjalan. Salah satu jalan alternatif untuk meningkatkan penjualan usaha masyarakat adalah dengan mengalihkan usaha mereka ke online shop. Cara ini merupakan cara yang efektif karena pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu langsung dengan penjual dan tentunya cara ini cara yang paling baik khususnya di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Dengan beralih ke online shop tanpa kita sadari kita akan memperkecil persentase kenaikan kasus penyebaran virus Covid-19, karena dilakukan secara online. Barang yang dipesan oleh pembeli juga diantar oleh penyedia jasa kurir pengantar paket. Berjualan di online shop tentu menarik perhatian saya karena kondisi ekonomi saya yang kurang bagus dan menurun. Tanpa berpikir panjang saya langsung membuat dan berjualan di situs jual beli online.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang melakukan pembelian di online shop, maka tak bisa dipungkiri lagi bahwa online shop juga memberikan dampak yang baik kepada yang memakainya. Ketika saya selesai membuat toko dan memasukan produk yang saya jual, ada satu hal yang saya lupa yaitu pemilihan kurir. Di online shop itu sendiri juga menyediakan banyak pilihan nama-nama kurir yang menyediakan jasa pengantaran paket. Saya pun mulai bingung untuk memilih jasa kurir karena tidak bisa sembarangan dalam memilih kurir. Dari pengalaman saya, banyak jasa kurir yang kurang memperhatikan penggunanya. Seperti, saya pernah menggunakan jasa pengiriman paket dan paket yang saya beli tidak sampai kerumah dan saya pun bingung.

Lalu saya pun mencoba menghubungi pihak jasa tersebut tetapi respon yang diberikan sangat lama dan membuat saya cemas terhadap paket saya. Hal itu sangat membuat saya tidak puas atas pelayanan nya. Alhasil, saya memilih JNE karena saya juga selalu menggunakan jasa pengiriman paket JNE dan tidak ada kendala sampai saat ini. Jika pun ada suatu kendala maka saya langsung menghubungi customer service dan jawaban yang mereka sampaikan secara logis dan bertahap sehingga saya sebagai customer sangat mengerti solusi yang diberikan.

Selain memudahkan dan menyelesaikan masalah customer dengan cepat, JNE juga memiliki banyak cabang sehingga saya dapat dengan mudah menemukan lokasi JNE terdekat untuk mengirimkan paket. JNE juga memberikan kompensasi atau jaminana kepada para customer jika mengambil masa paket satu hari atau YES (Yakin Esok Sampai) dan paket tidak tepat sampai pada waktunya maka JNE menjamin garansi uang kembali. Ya itu benar, ketika saya mendapat pesanan dari pembeli dan saya menggunakan masa waktu satu hari atau YES, paket sampai di keesokan harinya dan sangat tepat waktu. Respon pembeli juga sangat baik dan memberikan rating baik pula terhadap toko saya.

Bukan hanya itu saja, para kurir yang mengantarkan juga mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, memakai sarung tangan dan juga yang lainya sehingga membuat para penerima paket nyaman dan aman. Para kurir JNE juga ramah dan hal yang paling menyenangkan adalah ketika paket kita sampai dalam kondisi yang baik dan membuat barang tidak rusak serta aman. Saya pribadi sangat puas selama menggunakan jasa pengiriman ini. JNE tidak pernah membuat saya bimbang dan yang pasti membuat Indonesia selalu tersenyum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun