Mohon tunggu...
onang pribadi
onang pribadi Mohon Tunggu... Security - Karyawan Swasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis,penterjemah bahasa inggris,motivasi,spiritual,psikologi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengapa Pekerjaan Mendalam adalah Senjata Rahasia Introvert

18 Desember 2023   08:16 Diperbarui: 18 Desember 2023   08:19 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://asset-a.grid.id/

Mengapa Pekerjaan Mendalam Adalah Senjata Rahasia Introvert
Oleh : Onang Pribadi

Salah satu keterampilan inti introvert adalah kemampuan berpikir dan bekerja secara mendalam. Tapi apa yang terjadi jika Anda kehilangannya?

Saya sedang duduk di ruang tamu pada larut malam dengan lampu dimatikan, melakukan sesuatu yang sudah lama tidak saya lakukan: mendengarkan musik tanpa gangguan lain. Saya menyesap anggur dan memandang ke arah pasangan saya yang tertidur di kursi berlengannya. Saya tersenyum puas. Perubahan gaya hidup saya membuahkan hasil. Saya baru saja mengalami hari paling produktif dalam ingatan saya. Saya telah menyelesaikan semua tugas yang saya rencanakan pada pukul 17.30. dan berhasil menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga saya.

Ini adalah perubahan dramatis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya yang bekerja hingga larut malam, hari demi hari, dalam upaya tanpa akhir untuk mengimbangi tenggat waktu yang meleset. Untuk beberapa waktu sekarang, saya merasa kehilangan sentuhan profesional saya. Meskipun memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai penulis teknis, sepertinya saya tidak dapat lagi memenuhi tenggat waktu. Kualitas pekerjaanku merosot, dan aku berhenti mengambil inisiatif.

Ada yang tidak beres, tapi sekarang hidup saya kembali ke jalur yang benar, dan itu hanya disebabkan oleh satu hal --- fokus. Saya telah menemukan kembali satu keterampilan inti saya, yaitu kemampuan untuk berpikir dan bekerja secara mendalam.

Introvert Unggul dalam Pekerjaan Mendalam

Sebagai . Mereka menemukan bahwa orang introvert lebih sensitif terhadap informasi yang masuk, dan juga mampu mengeluarkan lebih banyak upaya mental dengan menganalisis rangsangan tersebut secara lebih dalam dan hati-hati.Psychology Today, banyak di antara kita yang memiliki kemampuan berpikir mendalam tentang berbagai hal. Kami membenci hal-hal sepele dan dapat mendalami suatu subjek serta memahami esensinya. Peneliti Swiss Corinne Stauffer dan rekan-rekannya melaporkan hal serupa di introvert

menggambarkan bagaimana sebagai seorang manajer ambivert, dia memiliki pandangan negatif tentang introvert di tempat kerja hingga dia terpaksa menghadapi kesulitan tersebut. dihadapi oleh putranya yang introvert di perguruan tinggi. Sebagai bukti lebih lanjut, lihat saja lowongan pekerjaan: Banyak yang menyertakan frasa "pemain tim", namun saya belum pernah melihat iklan yang membutuhkan "pemikir mendalam". Kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang mendalam menjadi suatu keterampilan yang langka, sesuatu yang, sebagai pemikir yang mendalam, harus dapat kita gunakan untuk kemajuan karir kita di tahun-tahun mendatang. Forbes

Carl Newport,Deep Work: Rules for Focused Success in a Distracted World

Dengan kata lain, peluang untuk melakukan pekerjaan yang mendalam bukan hanya tentang menjadi produktif dalam pekerjaan --- namun juga tentang menjalani kehidupan yang memuaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun