Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ketimbang Somasi, Perusahaan Minuman Teh Mending Lakukan Ini untuk Menanggapi Komplain Pembeli

26 September 2022   11:36 Diperbarui: 27 September 2022   19:08 533 26 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Varian minuman teh. Sumber gambar: Shutterstock/Elena Shashkina via KOMPAS.com  

Beberapa hari lalu, jagat twitterland dihebohkan oleh salah satu cuitan/tweet yang mengeluhkan kalau minuman yang ia beli terlalu manis.

Si pemilik akun Twitter ini menggunakan bahasa yang kasar. Saya sepakat soal itu. Dan tidak membenarkan cara yang ia lakukan untuk mengkritik dan memberi masukan terhadap produk yang ia beli.

Lengkap tweetnya dapat di lihat di bawah ini

Sumber gambar dari akun twitter @txtfrombrand
Sumber gambar dari akun twitter @txtfrombrand

Tweet itu lantas mendapatkan banyak respons. Ada pro dan kontra. Sebagian lebih menyoroti cara dia menyampaikan kritikan dan langsung balik menyerang si pembuat tweet, sebagian lagi lebih fokus ke maksud dari tweet tersebut dan turut mengamini kalau minuman yang dimaksud memang terlalu manis.

Kehebohan itu rupanya sampai ke telinga penjual. Perusahaan minuman itu memberi respon jika tweet itu sudah sampai ke bagian tim legal mereka. Tak lama, tweet itu dihapus. Dan selang beberapa saat mengeluarkan somasi kepada si pembuat tweet.

Wah, reaksi netizen semakin ramai atas kejadian ini. Sekilas dan menurut pendapat saya pribadi, orang-orang kini lebih pro kepada si pembuat twit tersebut dan mulai menyerang ke perusahaan minuman tersebut karena menganggap kejadian itu tak perlu sampai membuat tim hukum mereka turun tangan.

Meme mulai bermunculan. Akun-akun besar pun mengangkat kejadian ini dalam karya mereka. Misalnya saja @komik.grantol yang langsung membuat komik strip dari kejadian tersebut.

Sumber gambar fanpage FB Komik Grontol
Sumber gambar fanpage FB Komik Grontol

Sekali lagi, saya tidak membenarkan kritikan yang disampaikan dengan bahasa kasar seperti itu. Namun, jika berada di posisi perusahaan, alih-alih memberikan somasi yang mana hal ini malah bikin perusahaannya banyak dihujat, maka saya akan melakukan hal-hal ini untuk menanggapi kritikan yang dibalut cacian itu.

Balas Tweet dengan Elegan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan