Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @Omnduut

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Reset Kata Sandi Mandiri Online? Oh, Beli Ponsel Baru Dulu!

19 September 2018   12:05 Diperbarui: 19 September 2018   12:15 0 6 5 Mohon Tunggu...
Reset Kata Sandi Mandiri Online? Oh, Beli Ponsel Baru Dulu!
mobile-1-5ba1d242bde57541ec6e1b12.png

Lupa kapan tepatnya, namun seingat saya sekitar tahun 2002/2003 saya memutuskan untuk menjadi nasabah Bank Mandiri. Banyak sekali jasa Bank Mandiri yang turut membantu saya melakukan aktivitas perbankan. Terutama fasilitas sms banking-nya dulu yang kemudian beralih ke Mobile Banking (aplikasi) dan Mandiri Online via www.BankMandiri.co.id sejak kurang lebih 8 tahun belakangan (terutama Mandiri Online, saya ingat, token pertama saya dulu didapat pada tahun 2010).

Sejauh ini tidak ada kendala berarti. Jikapun ada kendala kecil, semua dapat teratasi. Namun, ternyata saya tak selamanya beruntung dalam menikmati layanan Bank Mandiri ini, terutama dalam penggunaan Mandiri Online. Jadi, 2 hari lalu (17 Sept 2018), saat saya akan menggunakan Mandiri Online, saya diminta untuk meng-update, kata sandi yang saya punya.

Jika dulu, kata sandi yang digunakan cukup 6 digit angka (misal 123987) maka sekarang kata sandinya harus menggunakan gabungan huruf dan angka. Pun, penggunaan hurufnya harus divariasikan huruf besar dan huruf kecil. Misalnya saja kata sandinya menjadi : Indonesia1945 dengan huruf "i" pada kata INDONESIA menggunakan huruf besar yakni "I".

Proses penggantian terbilang lancar dan saya dapat melakukan transaksi dengan baik. Namun, begitu akan saya gunakan lagi pada keesokan harinya, Selasa 18 September 2018, kata sandi yang sebelumnya sudah saya perbaharui dinyatakan salah, sehingga akun Mandiri Online saya terblokir. Sekeras apapun saya meyakini bahwa saya sudah menginput kata sandi yang benar, tetap saja akun saya terblokir dan kemudian saya menghubungi call center 14000 untuk melakukan reset. 

"Reset dan pembuatan kata sandi baru dapat dilakukan di aplikasi Mandiri Mobile yang terbaru, bapak" begitu info petugas. 

Selanjutnya, saya mencoba untuk mengupdate aplikasi Mandiri Mobile saya karena yang saya pakai masih versi lama. Sayangnya, ternyata hape android jadul saya tidak menyokong untuk dilakukan penggunaan aplikasi Mandiri Mobile versi terbaru ini. Masih dengan harapan ada cara lain untuk melakukan pembuatan kata sandi baru, saya pun bertanya ke @mandiricare melalui akun twitter. 

Dan dijawab secara normatif oleh Sdr Lian seperti berikut

mobile-2-5ba1d63aaeebe15fb8704412.png
mobile-2-5ba1d63aaeebe15fb8704412.png
Agak sebal saya melihat jawaban Sdr Lian yang tidak menawarkan solusi. Tipikal jawaban admin jika mentok/deadlock nggak bisa kasih jalan keluar lain. Yang jadi pertanyaan saya setelahnya, kok bisa Bank Mandiri tidak memikirkan solusi dari problem ini. Kenapa coba Mandiri Online melalui situs www.bankmandiri.co.id tidak juga diberikan fitur untuk melakukan pembuatan kata sandiri baru?

"Kalau pakai aplikasi kan bisa ketahuan yang punya akun siapa dari no sim cardnya!" gitu kali pikir kalian.

Yaelah, proses verifikasi kan dapat dilakukan dengan menggunakan token. Jadi, kasih saja opsi "LUPA PASSWORD" di Mandiri Online/Web, nasabah bisa input kata sandi baru dan lakukan proses verifikasi dengan menggunakan token. Sama saja amannya toh? 

Jadilah, di tengah kebuntuan ini, akhirnya saya harus cari orang lain yang hapenya mau saya pakai sebentar untuk download Aplikasi Mandiri Mobile terbaru (versi kupu-kupu), cabut sim cardnya, pasang sim card saya dan lakukan proses pembuatan kata sandi. Itupun gak mulus! saya harus telp 14000 lagi untuk mengatasi masalah soal MPIN yang berkali-kali gagal dimasukkan.

Dan ternyata disebabkan karena kata sandi saya tingkat kesulitannya di tahap NORMAL. Jadi, setelah saya ganti dengan yang baru dengan tingkatan MEDIUM baru bisa. Yaelah, mestinya kasih pesan di aplikasinya, "silakan ubah kata sandi Anda hingga ke tingkatan Medium untuk dapat menggunakan MPIN." gitu loh Mandiri! ugh!

Singkat cerita, proses penggantian kata sandi baru berhasil. Saya pun langsung coba login di Mandiri Online (masih dengan telp ke 14000 untuk memastikan semua beres baru telp saya tutup) dan berhasil, kata sandi baru dapat digunakan.

Tapiiii, pagi ini, Rabu 19-9-2018, lagi-lagi kata sandi yang baru tadi malam dibuat itu tidak dapat digunakan! Padahal, saya yakin betul kata sandinya sudah benar (lagian, gila aja udah capek banget pinjem hape orang trus gak hati-hati dengan kata sandi, aku masih normal, nggak skizofrenia!)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x