Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah wiraswasta

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. Http://omnduut.com | IG : @Omnduut

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Ini Dia 10 Venue Asian Games 2018 di Palembang yang Siap Digunakan untuk Bertanding

9 Agustus 2018   14:22 Diperbarui: 9 Agustus 2018   14:23 827 2 1
Ini Dia 10 Venue Asian Games 2018 di Palembang yang Siap Digunakan untuk Bertanding
APP Sinar Mas Bowling Center tempat pertandingan bowling Asian Games 2018. Foto pibadi.

Tak terasa, pelaksanaan Asian Games 2018 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18-8-2018 akan berlangsung dalam waktu 2 minggu ke depan. Segala macam persiapan terkait Venue Asian Games 2018 sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara terutama yang berada di ibukota Jakarta dan kota Palembang yang memang telah ditunjuk menjadi lokasi pelaksanaan ajang olahraga bergengsi antar negara-negara di Asia ini.

Ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. 32 diantaranya adalah olahraga yang juga dipertandingkan di olimpiade, sedangkan 8 sisanya merupakan olahraga non olimpiade.

Gema perhelatan Asian Games 2018 ini bahkan telah berlangsung setahun belakangan. Dan, Palembang, sebagai kota tuan rumah pendukung (bersama Jawa Barat dan Banten sebetulnya, karena sebagian lagi pertandingan dilakukan di sana), Palembang mendapatkan kepercayaan untuk pelaksanaan 10 cabang olahraga.

10 Venue Asian Games 2018 Telah Selesai Dipersiapkan

Adapun 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Palembang antara lain; dayung (kano/kayak, rowing dan perahu naga), roller sport (rollerskate dan skateboard), tenis lapangan, panjat tebing, triathlon, voli pantai, sepak bola, bowling, sepak takraw dan menembak.

"Hah, ada voli pantai segala? Emang Palembang punya pantai?" gitu kali pikir kalian, ya.

Arena voli pantai dilihat dari kejauhan. Foto pribadi.
Arena voli pantai dilihat dari kejauhan. Foto pribadi.
Walaupun Palembang merupakan landlocked city atau kota yang tidak berbatasan langsung dengan laut --sehingga tidak memiliki pantai, namun di Jakabaring Sport City terdapat sebuah danau buatan dimana venue voli pantai ini dipersiapkan di salah satu tepian danaunya. Demi event besar ini, field of play (FOP)-nya dilakukan perluasan yang diisi dengan pasir kwarsa yang dibawa langsung dari Provinsi Bangka Belitung.

Sementara itu, di Stadion Gelora Sriwijaya sendiri nantinya akan dipergunakan untuk pertandingan sepak bola putri. Stadion berkapasitas 23.000 orang yang juga merupakan markas klub kebanggan masyarakat Palembang -Sriwijaya FC, ini juga sudah direnovasi dan dipersiapkan khusus di ajang bergengsi Asian Games 2018.

Beberapa pertandingan air dilaksanakan di danau ini. Foto pribadi.
Beberapa pertandingan air dilaksanakan di danau ini. Foto pribadi.
Boleh dibilang, 80% venue yang akan dipakai untuk pertandingan di Asian Games 2018 nanti adalah venue yang sudah ada bahkan sejak perhelatan PON XVI 2004 yang disambung dengan pelaksanaan ajang pertandingan olahraga internasional SEA Games di tahun 2011 dan Islamic Solidarity Games (ISG) Ke-3, yakni pertandingan olahraga yang diikuti oleh 41 negara-negara Islam di dunia tahun 2013.

Venue-venue itu memang direnovasi (diperluas, dipercantik, diperlengkap dsb) dengan standar internasional demi Asian Games 2018. Namun, ada satu venue yang betul-betul baru dibangun dan dipersiapkan khusus untuk pelaksanaan Asian Games 2018 ini. Apa itu? Yakni APP Sinar Mas Bowling Center.

Yuk, Kita Lirik Betapa Kerennya APP Sinar Mas Bowling Center!

Kebetulan, saya tinggal di Seberang Ulu dan rumah keluaga kami berada tak jauh dari Jakabaring Sport City atau kompleks olahraga Jakabaring dimana semua Venue Asian Games 2018 yang akan digunakan untuk bertanding berada di sini. Jadilah, dalam beberapa kesempatan saya sering mendatangi Jakabaring Sport City untuk sekadar berolahraga atau bersantai bersama keluarga.

Ada 40 jalur/line. Gede kan! Foto pribadi.
Ada 40 jalur/line. Gede kan! Foto pribadi.
Begitu saya mengetahui bahwa di Jakabaring Sport City sudah dibangun Bowling Center, saya penasaran untuk melihat langsung dan menjajal olahraga yang satu ini. Ada fakta menarik terhadap pusat olahraga bowling ini.

Dengan mengusung semangat Untukmu Indonesiaku, gedung olahraga yang dibangun oleh PT.Oki Pulp & Paper (sebagai official partner Asian Games 2018) dibantu oleh PT.Pertamina (untuk peralatannya) dengan dana hibah sebesar 27 miliar ini sengaja dibangun untuk pelaksanaan pertandingan bowling di Asian Games 2018.

Saya gak ketinggalan menjajal olahraga ini. Foto pribadi.
Saya gak ketinggalan menjajal olahraga ini. Foto pribadi.
Bangunan yang menempati lahan seluas 2,8 hektare dengan 2 lantai yang dapat menampung 600 penonton ini memiliki 40 lane bowling dengan lintasan sepanjang 18 meter. Banyak, ya? Makanya, jika kamu menjajal venue ini, dijamin kebagian karena gak mesti rebutan.

Hebatnya, APP Sinar Mas Bowling Center ini ternyata sudah menggunakan peralatan canggih bernama Qubica AMF. Sejauh ini, baru 3 negara di dunia yang menggunakannya. Yang pertama Azerbaijan. Kedua, kota Dubai di Uni Emirates Arab dan yang terakhir kota Palembang di Indonesia. Luar bisa keren, kan?

Apakah akan strike? Foto pribadi.
Apakah akan strike? Foto pribadi.
Nggak sabar rasanya ingin melihat para atlet dari penjuru negara Asia dalam mempertontonkan kebolehannya menggelindingkan bola seberat 6 sd 8 kg itu. Saya sempat mencoba langsung dan... wuiih susah banget! Butuh latihan dulu kayaknya hingga kemudian mahir dan dapat menjatuhkan semua pin yang ada hehehe.

Gimana, penasaran nggak menjajal aneka Venue Asian Games 2018 di Palembang, terutama melihat langsung pertandingan olahraga bowling di APP Sinar Mas Bowling Center? Yuk, saya temani! :)

Kompal : Kompasianer Palembang
Kompal : Kompasianer Palembang