Mohon tunggu...
Omjay Labschool
Omjay Labschool Mohon Tunggu... guru blogger indonesia

Blogger Handal di Era Global wa 08159155515

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menjadi Guru yang Ramah di Sekolah Ramah Anak

10 Desember 2019   08:55 Diperbarui: 10 Desember 2019   09:29 77 2 2 Mohon Tunggu...
Menjadi Guru yang Ramah di Sekolah Ramah Anak
Peserta Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

Senin, 9 Desember 2019 saya mengikuti kegiatan pelatihan dan sosialisasi sekolah ramah anak (SRA) di hotel Four Points by Sheraton yang terletak di Jl. MH. Thamrin, Kavling 9 Jakarta Pusat. Posisi hotel di depan Pusat perbelanjaan Sarinah. Kegiatan ini atas kerjasama dari Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Saya naik busway dari kampus UNJ menuju lokasi acara. Enak juga naik busway. Kita tidak terkena macet dan sekitar pukul 09.00 saya sudah berada di hotel tempat acara berlangsung. Di sana sudah banyak kawan-kawan guru hadir. Saya bisa mengetahuinya dari baju batik PGRI yang dikenakan mereka. Baju batik kusuma bangsa. Baju yang menjadi kebanggaan anggota PGRI.

Sampai lantai 12A, saya langsung ke toilet pria. Ganti baju seragam sekolah dan mengenakan batik PGRI. Narsis sebentar di depan cermin. Hampir saja saya mau menyisir rambut. Setelah melihat kepala saya yang gundul, saya langsung tahu diri. Tak ada selembarpun rambut ada dalam kepala plontos ini, hahaha. Mana mungkin bisa menyisir rambut?

Keluar dari toilet sudah banyak kawan-kawan menikmati sarapan pagi dengan aneka makanan dari hotel. Secangkir teh dan sepotong kue jadi pilihan saya. Nikmat terasa di tenggorakan, dan hangat terasa di perut endut ini. Alhamdulillah.

Sampai di dalam ruangan, saya salaman dengan kawan-kawan peserta lalu menemui panitia dari kementrian PPPA. Setelah itu memegang microphone untuk woro-woro memanggil peserta agar segera masuk ke ruang acara. Waktu sudah menunjukkan pukul 09.15 wib. Itu artinya kita sudah terlambat 15 menit dari jadwal acara yang kami susun.

spanduk sosialisasi sekolah ramah anak dokpri
spanduk sosialisasi sekolah ramah anak dokpri
Pak Iwan, panitia dari PPPA langsung mengambil alih acara. Para nara sumber diajak tampil ke depan dan duduk di atas panggung acara. Di belakang panggung tertulis spanduk, " SOSIALISASI KONVENSI HAK ANAK DAN SEKOLAH RAMAH ANAK BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TINGKAT PROVINSI". saya memotretnya untuk dokumentasi acara ini.

narsum SRA dokpri
narsum SRA dokpri
Lagu indonesia raya kami nyanyikan dengan penuh semangat 45. Ibu Pesta Liana memimpin kami menyanyi dan pak Wijaya Winarja dari APKS PGRI memimpin doa agar acara berjalan dengan lancar. Suasana hening sejenak dan kami hanyut dalam lautan doa agar acara ini dapat berjalan sesuai harapan kita semua.

Mas Harry dari Logitech dokpri
Mas Harry dari Logitech dokpri
Acara pembukaan selesai sudah. Panitia dari PPPA memberikan kesempatan kepada LOGITECH mempresentasikan produknya. Mas Harry dari LOGITECH mempresentasikan kepada kami para guru bagaimana melakukan video collaboration solutions. Bagus juga presentasinya. Kami jadi tahu bahwa produk LOGITECH bukan hanya mouse saja. Ada banyak produk lainnya buat kita gunakan untuk berkomunikasi dan emnyampaikan materi ajar kepada siswa.

Presentasi pertama diberikan ibu bekti, beliau menyampaikan materi tentang disiplin sekolah ramah anak (SRA). Hebat sekali ibu guru ini, beliau terpilih menjadi duta sekolah ramah anak.

dokpri
dokpri
Materi kedua diberikan ibu Lenny N Rosalin, SE, MSc, MFin, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, judul presentasinya adalah SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA)untuk mempercepat terwujudnya PROVINSI DKI LAYAK ANAK menuju INDONESIA LAYAK ANAK (IDOLA) 2030. Presentasi bagus dan sangat menarik dari apa yang beliau sampaikan.

ibu lenny dari kementria PPPA dokpri
ibu lenny dari kementria PPPA dokpri
Materi Ketiga diberikan bapak Dudung Koswara dari PB PGRI. Judulnya, Komitemen PGRI Pada Sekolah Ramah Anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN