Mohon tunggu...
aqeyl omarmakkitazakka
aqeyl omarmakkitazakka Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa s1

saya adalah mahasiswa s1 di unair dan hobi saya adalah membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kenapa Kesehatan Mental Itu Penting Terutama pada Pertumbuhan Anak dan Remaja

27 Juni 2022   00:00 Diperbarui: 27 Juni 2022   00:06 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mental health atau kesehatan mental adalah hal yang sangat penting dan perlu awareness yang sangat tinggi, apalagi di era digital ini. Banyak sekali factor yang bisa mempengaruhi mental health seseorang, terutama remaja di masa sekarang yang jumlahnya bisa dibilang banyak sudah mengalami tekanan pada mental mereka. 

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya sudah menemui banyak orang yang mengalami tekanan pada mental nya dan itu mengakibatkan mereka untuk merasakan depresi, stress, susah tidur, overthinking, melakukan pelarian kepada hal-hal yang tidak sehat dan banyak lagi. Pelarian yang bahaya bagi remaja adalah seperti mabuk-mabuk an, merokok, self-harm, ngebut-ngebut an, mengandalkan perhatian orang lain yang berlebihan sehingga tidak bisa jika merasa kesepian. 

Saya sendiri sangat peduli tentang mental health dan entah kenapa dulu banyak sekali orang yang tidak peduli dengan mental health, padahal banyak sekali orang yang dirugikan dengan mental health dan dulu dikit sekali perhatian kepada orang-orang tersebut. 

Oleh karena itu saya ingin menunjukkan kenapa mental health itu penting sekali. Beberapa factor yang bisa mempengaruhi mental health seseorang adalah, perlakuan orang tua yang tidak baik terhadap anak, bullying, cyber bullying, bawaan dari lahir (genetic), trauma masa lalu, hubungan social yang tidak baik, tidak memiliki support system, kesepian dan lain lain. 

Dari pengalaman ku pribadi dengan menghadapi orang yang memiliki tekanan mental, mereka bener-bener menunjukkan kalau mereka membutuhkan bantuan kelihatan sekali kalau mereka sedih dan memiliki luka yang dalam. 

Dan hal yang terjadi kepada mereka bukan lah hal yang normal, mereka suka tiba-tiba nangis sendiri, menyakiti diri sendiri, membenci diri sendiri, atau melakukan hal yang tidak sehat namun membuat mereka menghilangkan pikiran mereka dari hal-hal yang membuat mereka stress. 

Dan menurut saya di Indonesia, tingkat awareness terhadap mental health ini harus lebih ditingkatkan lagi. Mungkin seperti membuat sebuah layanan khusus bagi semua kalangan yang memiliki mental issue seperti depresi dan lain-lain. Dan mungkin harus mengadakan banyak seminar atau kampanye untuk menunjukkan sebetapa penting nya mental health seseorang yang bertujuan untuk menanamkan tingkat kepedulian masyarakat terhadap orang-orang yang mengalami tekanan mental. 

Jadi sebenernya saya pun juga baru mengetahui sebetapa penting nya mental health seseorang setelah saya bertemu dengan orang-orang yang mengalami nya, saya pun dulu sedikit menganggap remeh namun setelah melihat secara langsung memang bener mental health itu penting sekali. Oleh karena itu lah saya ingin membahas terkait kenapa mental health itu sangat penting.

Saya memilih untuk mengangkat tema ini karena saya sudah menghadapi orang-orang yang mengalami mental health issue dan saya pun sedih melihatnya. Orang-orang yang mengalami tekanan mental dan tidak dipedulikan oleh sekitarnya, saya bener-bener sedih saat melihatnya. 

Jadi saya ingin membantu orang-orang yang mengalami mental issue, dan ingin orang-orang tahu bahwa orang yang mengalami mental issue memang benar-benar perlu bantuan dari orang-orang seperti kami yang memiliki mental yang stabil. Yang mereka butuhkan sebenarnya tidak banyak, hanya support dan bantuan dari orang-orang sekitar nya. 

Karena ya ketika mereka sedang mengalami tekanan mental yang mereka butuhkan adalah rasa kasih sayang, support, dan sosok teman atau keluarga yang baik untuk mendukung nya melewati fase tersebut. Oleh karena itu lah rasa empati yang saya alami saya rasa harus dimiliki oleh lebih banyak orang lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun