Mohon tunggu...
Rokhman
Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Menulis, menulis, dan menulis

Guru Sekolah Dasar. Menulis ternyata tak segampang ngomong, tetap belajar menulis walau gigi mulai ompong

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Menulis Semudah Update Status

20 Mei 2021   06:18 Diperbarui: 20 Mei 2021   06:25 42 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Semudah Update Status
Update Status - kumparan.com

Saat ini sebagian orang mempunyai akun media sosial. Lewat media sosial orang bebas menulis apa saja. Bahkan karena saking bebasnya, survey microsoft menjuluki nitizen Indonesia sebagai yang paling tidak sopan.

Namun demikian meskipun sudah terbiasa menulis status di media sosial masih banyak orang yang mengeluh kesulitan ketika dikaitkan dengan kegiatan menulis. Tentu menulis dalam pengertian menuangkan ide-ide atau gagasan yang bermanfaat.

Nah, bagi yang masih merasa kesulitan untuk menulis mungkin trik ini bisa dicoba. Pertama jangan pikirkan dulu tentang ide apa yang akan kita tulis. Bebaskan saja pikiran kita seperti halnya ketika menulis status di media sosial. Spontanitas saja,  tak perlu direncana mau nulis ini atau itu. Jadi idenya liar saja.

Kedua, agar tulisan terasa renyah buat tulisan yang simpel-simpel saja. Seperti membuat status di media sosial. Caranya buat kalimat yang pendek-pendek agar pembaca tidak merasa capai, dalam satu paragraf jangan terlalu banyak kalimat, beri dan spasi antar paragraf.

Ketiga, teknik bertutur. Usahakan tulisan agar tulisan artikulatif. Maksudnya buat bahasa tulis seperti halnya bahasa lisan, sehingga yang membaca tulisan kita serasa tidak sedang membaca tapi seperti diajak ngobrol. Atau seperti sedang mendengarkan dongeng.

Keempat, gunakan bahasa yang mudah dicerna. Jangan karena merasa intelek terus latah menggunakan istilah-istilah yang sok ilmiah. Pilih saja bahasa yang cair sehingga mudah dipahami pembaca. Bila perlu selipkan bahasa yang jenaka, riang, atau menggemaskan. Ya, pokoknya ekplore saja kepandaian kita mengolah kata.

Kelima, tampilkan ilustrasi yang kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak menggunakan contoh, perumpamaan, tamsil, atau pemisalan. Dalam satu pokok pikiran bisa saja digunakan beberapa perumpamaan untuk saling menguatkan. Penggunaan perumpamaan akan menimbulkan kesan mendalam di benak kita.

Terlepas dari berbagai tip di atas, yang paling penting dalam menulis adalah jam terbang. Pengalaman. Untuk itu jika ingin tulisannya renyah dan enak dibaca ya nulis terus, terus, dan terus. Tidak ada hari tanpa menulis. Ok!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN