Mohon tunggu...
Olivia Dian Kristanti
Olivia Dian Kristanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menarik, Cara Menciptakan Kenyamanan Pengguna pada Interior Pet Shop

21 November 2022   08:36 Diperbarui: 21 November 2022   08:39 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Interior Pet Shop (Sumber: id.pinterest.com/pin/674414112964897484/)

Pet Shop adalah salah satu tempat yang menyediakan layanan khusus untuk hewan peliharaan. Hewan peliharaan sangat perlu memiliki perawatan yang rutin, seperti kebersihan, kesehatan, dan penampilan. Jika dilihat saat ini, banyak sekali pet shop yang memiliki berbagai macam penerapan dan strategi pelayanan dalam pengaturan interior. Contohnya, memiliki ruang perawatan khusus,grooming, ruang penitipan,dll. Pasti pengunjung dan hewannya merasa nyaman saat masuk.

Suasana ruang dan kenyamanan pengunjung sangat berpengaruh pada interior pet shop. Kenyamanan pengunjung bisa dilihat dari visual (indera, performa, kombinasi furniture) untuk membangun kesan menarik perhatian pengunjung yang datang. Tujuan dari kenyamanan pengunjung pada pet shop adalah salah satu faktor yang penting dan berpengaruh kenapa begitu? karena hal yang bisa diperhatikan para pengunjung dapat berkeliling untuk melihat dan membeli produk untuk hewan peliharaannya. 

Misalnya, pengunjung akan senang datang lagi ke pet shop hanya karena area menjual produk lebih luas tidak padat, terdapat furniture unik untuk hewan dan pengunjung untuk duduk atau menunggu sehingga nyaman untuk belanja kapanpun. Pengunjung akan terikat dan merasa nyaman jika kebutuhan tersedia lengkap di dalam toko tersebut sehingga membuat ingin datang kembali. Apalagi, datang mengajak teman yang gemar seputar hewan untuk membeli. Disitulah tercipta strategi menciptakan interior yang unik atau berbeda dari yang lain dalam pet shop. 

Masih bingung harus menciptakan interior pet shop yang cocok untuk pengunjung, berikut cara atau tips agar hewan peliharaan dan pengunjung nyaman saat datang.

1. Fasilitas yang unik agar pengunjung tetap datang ke pet shop

Fasilitas Display Pet Shop (Sumber: id.pinterest.com/pin/304485624820950325/)
Fasilitas Display Pet Shop (Sumber: id.pinterest.com/pin/304485624820950325/)

Menyediakan toko yang memperhatikan fasilitas di dalamnya, contohnya peletakan display rak, cases, dll untuk tempat aksesoris hewan yang diperlukan dan aktivitas penjualan. Selain itu, juga menyediakan display untuk meletakkan kebutuhan makanan hewan peliharaan. Letak bisa disesuaikan ada di area tengah, dinding maupun bagian depan untuk menjadi pusat perhatian pengunjung. Jangan lupa siapkan tempat duduk (contoh: stool, dll) supaya pengunjung tetap nyaman berbelanja dan betah.

Selain display untuk menjual produk sediakan layanan yang lengkap, menyenangkan dan enjoy dari segi interior maupun exterior seperti terdapat area instagramable (spot photo bersama hewan), area bermain hewan terbuka, area perawatan, dll. Bisa menguntungkan penjualan dan strategi promosi.

2. Fasilitas yang unik agar pengunjung tetap datang ke pet shop

Sirkulasi Pengawaan (Sumber: id.pinterest.com/pin/369365606949842779/)
Sirkulasi Pengawaan (Sumber: id.pinterest.com/pin/369365606949842779/)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun