Mohon tunggu...
Okti Nur Risanti
Okti Nur Risanti Mohon Tunggu... Penerjemah - Deus est ergo sum

Menulis adalah salah satu upaya saya dalam memenuhi misi mandat budaya.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Weekend Serba "M"

30 Agustus 2019   19:59 Diperbarui: 30 Agustus 2019   21:33 47 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Weekend Serba "M"
(Dokpri.)

Apa rencana untuk akhir pekan nanti?

Jika uang di kantong tebal, mudah saja untuk membuat pilihan. Entah itu pergi ke luar kota bersama keluarga, ke berbagai tempat wisata dan hiburan, pusat perbelanjaan, wisata kuliner, nongkrong bareng teman atau keluarga di cafe, resto, bioskop, dan sebagainya. Yang penting, ada modal di dompet. Bereslah.

Tapi, jika anggaran sedang terbatas, tanggal tua, atau memang tidak punya budget untuk melakukan hal-hal tersebut, apa yang akan kita lakukan? Hanya berada di rumah saja sepanjang hari tanpa rencana tentu bukan pilihan yang menyenangkan, apalagi kalau selama 5 atau enam hari kita sudah bekerja dan butuh refreshing. Lalu, apa pilihannya?

Banyak. Hanya perlu niat dan kemauan saja untuk melakukannya, dan kreativitas. Bahkan, bukan tidak mungkin kegiatan baru ini bisa jadi rutinitas baru yang menyenangkan pada tiap akhir pekan, atau jadi kegiatan sampingan untuk mencari tambahan uang, menambah kenalan, pengalaman, ketrampilan, wawasan, dll.

Berikut beberapa ide untuk bisa membuat akhir pekan yang serba M, alias murah, meriah, menyenangkan, dan menghibur.
 
1. Mendalami hobi dan berolahraga.

Ini pasti sudah sering kita lakukan, atau malah menjadi rutinitas harian. Karena itu, saya tak perlu membahasnya lagi di sini. Semua pasti sudah tahu manfaat dan keasyikan dari melakukan kedua kegiatan tersebut.

2. Membersihkan rumah

Ini juga mungkin sudah kita lakukan setiap hari atau dilakukan ART kita sehari-hari (bagi yang memiliki ART). Tapi, sekali-kali bolehlah kita melakukan kegiatan ini bersama seluruh keluarga dan meliburkan ART supaya mereka juga bisa refreshing pada saat weekend. Tentu, hasil dari bersih-bersih rumah yang kita lakukan sendiri akan berbeda dari yang dikerjakan oleh ART. 

Sebagai pemilik rumah dan barang-barang, pasti kita akan memiliki kepedulian dan usaha yang lebih  besar untuk membuat rumah menjadi bersih dan rapi. Coba juga praktikkan ilmu merapikan dan membereskan dari Marie Kondo. Konon, itu cara sederhana untuk dapat merasa lega dan bahagia.

Jadikan kesempatan membersihkan rumah untuk sesekali menata ruang menjadi berbeda, dengan mengubah susunan, letak, atau manfaat dari barang-barang dan perabot yang kita miliki. Kita bisa berkreasi untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman dan homy dengan kegiatan ini.

Jika malas, silakan menyaksikan vlog dari YouTube yang bertema home cleaning atau bersih-bersih rumah. Menyaksikan vlog yang sangat mendetail tentang kegiatan membersihkan rumah -- dan entah mengapa bisa terlihat sebagai sesuatu yang menyenangkan -- itu bisa menularkan semangat yang sama bagi kita untuk melakukan hal yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x