Mohon tunggu...
Oktavia Nur Qhoirunnisa
Oktavia Nur Qhoirunnisa Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur

Hobi membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Pelatihan Digital Marketing di PT Nurul Cipta Inovasi (NF Computer)

16 Desember 2022   00:12 Diperbarui: 16 Desember 2022   00:22 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumen Pribadi. Presentasi Final Project

Cerita Pengalaman Mengikuti Kegiatan Pelatihan Digital Marketing di PT Nurul Cipta Inovasi (NF Computer)

Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) merupakan program yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada bulan Agustus, program MSIB Batch 3 dilaksanakan. Saat ini saya telah mengikuti salah satu program dari MSIB tersebut, yaitu program Studi Independen. Saya mengikuti program Studi Independen di PT Nurul Cipta Inovasi (NF Computer) pada bagian Akademi Digital Marketing.

Pada aktivitas Akademi Digital Marketing yang saya ikuti ini meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, kita akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Saya juga dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, kita akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek. Sesi pembelajaran kelas online dilakukan setiap hari Senin sampai Jum'at pada pukul 08.00 -- 12.00 WIB. Sedangkan sesi mentoring akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada pukul 13.00 -- 15.30 WIB melalui laman zoom yang sudah disediakan oleh tim dan NF Computer.

Pada Akademi Digital Marketing ini saya mempelajari berbagai modul pembelajaran, terdapat beberapa modul pembelajaran yaitu: Pengantar Digital Marketing, Soft Skills, Riset Pasar Menggunakan Teknologi Digital, Perilaku Konsumen di Era Digital, Kewirausahaan dan Rencana Bisnis, Pengembangan Produk, Public Relation dan Publikasi Online, Strategi Digital Marketing, Graphic Design untuk Digital Marketing, Multimedia untuk Digital Marketing, Email Marketing, Social Media Marketing, Web Design untuk Digital Marketing, Content Marketing & Keyword Research, SEO & Web Analytics, Search Engine Marketing & Advertising, E-Commerce & Marketplace, CRM (Customer Relationship Management), serta Final Project.

Motivasi saya mengikuti pelatihan digital marketing ini yaitu pada masa kini dalam hal bisnis tentunya digital marketing sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, saya ingin mempelajari mengenai digital marketing yang tepat agar nantinya bisnis dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Ada banyak rencana kedepan setelah saya mengikuti program digital marketing ini yaitu yang paling utama saya ingin memulai bisnis baru dengan mengembangkan beberapa cara strategi yang sudah banyak saya pelajari di mitra NF Computer ini. Kesan dan pesan mengikuti MSIB kampus merdeka Studi Independen Batch 3 Akademi Digital Marketing di NF Computer ini yaitu saya sangat merasa senang karena mendapat banyak pengalaman yang sebelumnya belum saya dapatkan di lingkungan kampus. Selain itu, saya juga lebih mempunyai banyak relasi yang mana teman-teman maupun pengajar dapat dikatakan menyenangkan.

Berikut terdapat lampiran foto pada saat sesi presentasi final project yang menurut saya sangat menyenangkan, seru, dan tentunya bermanfaat banget bagi saya. Saya beserta kelompok mengambil judul yaitu Pemasaran Merchandise Kpop "Ddumieyo". Alasan diambilnya judul tema tersebut adalah salah satunya teman anggota dari kelompok kita sudah mempunyai bisnis tersebut, dan rencananya akan dikembangkan strategi pemasarannya bersama kelompok kami. Pada saat presentasi final project kelompok kami dipandu oleh mentor kak Ichwan dan diuji oleh kak Faras. Beliau sangat membimbing kami baik dalam hal pelaksanaan final project maupun kritik dan saran project kami.

Sumber : Dokumen Pribadi. Sesi Tanya Jawab dan Evaluasi Hasil Final Project
Sumber : Dokumen Pribadi. Sesi Tanya Jawab dan Evaluasi Hasil Final Project
Tentunya saya sangat berterima kasih kepada Kampus Merdeka yang sudah mengadakan program MSIB Batch 3 dan juga terima kasih kepada mitra NF Computer yang telah menerima dan meyakini bahwa saya bisa mengikuti Akademi Digital Marketing ini. Banyak hal positif yang saya dapat dari program Studi Independen Akademi Digital Marketing di NF Computer ini. Saya berharap semoga kedepannya baik Program MSIB maupun mitra NF Computer dapat dilaksanakan dengan lebih baik, menarik, dan tentunya juga lebih berkembang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun