Mohon tunggu...
Okita Fatma
Okita Fatma Mohon Tunggu... -

Tidak ada kata TIDAK sebelum mencoba ^try to the extreme zone -- لاترم علما وتترك التعب --

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Nobody is Perfect", Diagnostik Kesulitan Belajar dan "Remedial Teaching"

8 November 2018   04:18 Diperbarui: 8 November 2018   04:47 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap manusia tentu mengenyam pendidikan di masa hidupnya. Apalagi zaman sekarang yang semua serba elektronik. Tanpa ilmu semua tidak akan bias dioperasionalkan atau jalankan. Karena ilmu dapat diperoleh melalui pendidikan yang tertuang pada proses pembelajaran di suatu tempat tertentu. Proses pembelajaran sendiri diartikan sebagai kegiatan transformasi ilmu atau interaksi antara guru dengan siswanya yang terjadi di tempat tertentu. Berbicara mengenai siswa, tidak akan ada habisnya dalam mendefinisakannya. Mengapa demikian? Karena siswa itu sangat beragam, mungkin dari karakteristik yang dimiliki peserta didik, tingkat pemahaman dalam memahami pelajaran dan bahkan mengenai motivasi dalam belajar.

Dalam proses belajar mengajar itulah yang menjadi objeknya adalah siswa sendiri. Proses belajar mengajar dalam sebuah pendidikan bertujuan untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan siswanya sesuai dengan berpacu pada tercapainya sebuah tujuan pendidikan.

Terlepas dari itu semua, untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan tersebut maka diperlukan suatu sistem bimbingan belajar untuk mengatasi setiap permasalahan yang menjadi sebuah kesulitan belajar bagi seorang siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa tersebut yaitu dengan mendiagnostik kesulitan yang dialami siswa serta melaksanakan remedial teaching kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Diagnostic adalah cara untuk mengatasi sebuah permasalahna kesulitan belajar dengan menganalisis sebuah ciri dan karakteristik serta mengidentifikasi dari suatu kelemahan tertentu, sehingga dapat diambil kesimpulan untuk memecahkan sebuah kesulitan tersebut. Sedangkan remedial teaching adalah Pengajaran remedial merupakan salah satu tahapan kegiatan utama dalam keseluruhan kerangka pola layanan bimbingan belajar, serta merupakan rangkaian kegiatan lanjutan logis dari usaha diagnostic kesulitan belajar mengajar.

Teknik dan instrument yang digunakan dalam diagnosis menurut Burton dalam Abin (2003:310) adalah sebagai berikut:

1.      General diagnosi, menggunakan tes baku untuk menemukan siswa yang mengalami kelemahan tertentu.

2.      Analysistic diagnostic, menggunakan tes diagnostic untuk mengetahui letak kelemahannya.

3.      Psychological diagnosis, teknik-teknik yag digunakan antara lain:

a.       Observasi

b.      Analisis karya tulis

c.       Analisis proses dan respon lisan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun