Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Masker Kopi untuk Wajah: Alternatif Perawatan Wajah Murah

11 September 2022   14:14 Diperbarui: 13 September 2022   08:49 226 19 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Biji Kopi. Sumber: Sutterstock via Kompas.com

Menurut wikipedia, kopi adalah minuman yang diseduh dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.  Sebagai salah satu minuman yang populer, kopi mampu membuat para pencintanya tak kehilangan waktu sehari pun tanpanya.

Seduhan kopi hangat yang mengepul terasa nikmat bila dipadukan dengan panganan lokal seperti ubi atau pun pisang untuk minum di pagi atau sore hari.

Masih dari wikipedia, dicatat bahwa tanaman kopi berasal dari Etiopia, Afrika Timur. Namun tidak diketahui pasti pemanfaatan biji kopi untuk apa. 

Sementara kopi sebagai minuman, baru dipopulerkan oleh bangsa Arab pada abad ke-15 (Kompas.com). Tetapi biji kopi belum disangrai dan dihaluskan jadi bubuk seperti saat ini. Bangsa Arab membuat minuman kopi itu dengan cara menuangkan air hangat ke kopi yang sudah kering.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak inovasi yang muncul untuk membuat cita rasa minuman kopi menjadi lebih nikmat.

Meski demikian dalam sejarah, kopi pernah dilarang di berbagai negara dengan beragam alasan. Negara-negara yang pernah melarang minuman kopi antara lain Arab Saudi, Inggris, Swedia, Italia, dan bahkan Rusia.

Memang menurut ilmu medis, zat kaffein yang terdapat dalam kopi dapat menciptakan rasa ketergantungan (addicted) dan menyebakan asam lambung. Bagi para penikmat kopi yang sudah mengalami ketergantungan dengan kaffein, sehari tanpa kopi rasanya seperti dunia hampir kiamat. Bisa saja kepala akan sakit, tubuh terasa lelah dan berbagai keluhan lain yang menyertainya. Bila segelas kopi sudah diteguk, semua keluhan itu akan hilang dengan sendirinya. Semangat akan muncul lagi dan hidup menjadi bergairah kembali.

Sensasi dan kenikmatan yang ditawarkan oleh kopi membuat para penikmatnya tidak mampu berpaling darinya.

Itu soal minuman kopi. Tetapi tahukah bahwa selain untuk minuman yang nikmat, kopi juga memiliki aneka fungsi yang tidak kalah menarik untuk manusia?

Salah satu fungsinya yaitu untuk perawatan kulit dan wajah. Menurut beberapa ahli kesehatan, kopi banyak mengandung zat-zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi wajah dari sinar matahari terutama sinar ultraviolet. Terutama polifenol yang terdapat di dalam kopi. 

Di samping itu, menggunakan masker kopi pada wajah akan mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan bintik-bintik penuaan di wajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan